Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Friday 2nd December 2022

Bupati Apresiasi Hasil Panen Bawang Merah di Rangsang

Bupati Apresiasi Hasil Panen Bawang Merah di Rangsang

MERANTI, LENSA NEWS

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM menghadiri Panen Raya Bawang Merah Kelompok Tani (Poktan) Berkat Usaha Desa Teluk Samak Kecamatan Rangsang, Kamis (17/11/2022). Jumlah panen tersebut sebanyak 1.5 ton dari lahan seluas 1 hektar dengan bibit berasal dari bantuan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kepulauan Meranti.

Kepala Desa Teluk Samak Baharin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, khususnya bupati H.M. Adil yang telah hadir dalam kegiatan panen tersebut.

“Alhamdulillah, bawang merah di Desa Teluk Samak sangat menjanjikan. Selama 60-70 hari bawang merah sudah bisa dipanen,” ucap Baharin.

Bupati H. Muhammad Adil, SH, MM juga menyampaikan apresiasi kepada Poktan Berkat Usaha yang telah berhasil mengembangkan dan memberi kontribusi nyata dalam meningkatkan produksi bawang merah di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dia juga menyinggung terkait lahan yang aktif seluas 80 dari 110 hektar, dan hanya 1 hektar yang digunakan untuk perkebunan bawang merah.

“Saran saya kalau kita mau bisnis, tanamannya jangan belang-belang kalau bisa bawang semuanya biar investor datang kemari, tak perlu bawang dari malaysia lagi,” ujar Adil.

Selain itu, untuk meningkatkan kapasitas petani, bupati beharap kepada anak-anak para petani bisa belajar dan berkuliah di sekolah pertanian.

“Kalau tidak mau jauh, ada Institut Teknologi dan Sains Meranti di Selatpanjang,” tambah Bupati.

Terakhir, dia menyampaikan ucapan selamat kepada ketua dan anggota kelompok tani, umumnya para petani di Desa Teluk Samak yang telah berhasil memetik jerih payahnya melalui panen bawang merah tersebut.

“Semoga usaha yang dilakukan sukses dan lebih maju ke depannya sehingga bisa lebih meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani di sini serta menjadi motivasi bagi petani-petani lainya,” tutup Adil.

Hadir dalam panen tersebut, pimpinan OPD, Camat Rangsang, Kapolsek Rangsang, Babinsa, Kepala Desa Dwi tunggal, Ketua Poktan beserta anggota, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (Prokopim)

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: