Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Friday 2nd December 2022

Curah Hujan Tinggi Wilayah Pemukiman Warga Dusun X Dan Dusun XI Desa Kolam Medan Terendam Banjir

Curah Hujan Tinggi Wilayah Pemukiman Warga Dusun X Dan Dusun XI Desa Kolam Medan Terendam Banjir

Medan,LENSA NEWS

Tingginya curah hujan di atas rata – rata di hulu sungai dan hampir merata seluruh daerah Sumatera Utara di bulan Oktober dan Akhir November ini menyebabkan dimana mana terjadi banjir khususnya wilayah pemukiman yang dekat dengan hilir sungai.

Kabupaten Deli Serdang khususnya beberapa wilayah Daerah dan Beberapa kecamatan saat ini di Landa banjir akibat curah hujan tersebut,antara lain Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deliserdang Sekitarnya,,Percut,TembungTimur dan barat, Kuala Namu dll.

Wilayah Desa Kolam persis Dusun Sepuluh dan Dusun Sebelas tampak saat ini di Landa Banjir setinggi tujuh puluh Senti lebih,namun sejauh ini pihak pemerintah Kota Medan dari BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah ) belum tampak di lokasi pemukiman warga,karena keterbatasan tenaga akibat hampir merata banjir melanda lokasi wilayah aliran sungai khususnya Desa Kolam

Di ungkapkan warga Dusun Sebelas Pak Madun, juga Bu Masdalipa Siregar pada “Lensa News” Sabtu (19/11/22 ) dusun sebelas ini rupanya sudah menjadi langganan banjir disetiap tahunnya atau jika curah hujan cukup tinggi di hulu sungai ( di gunung ) wilayah kami banjir ” Ucapnya.

Demikian halnya di sampaikan oleh Kepala Desa Kolam ”Jupriyanto” juga Kadus Dusun XI diduga kurang tanggap dan kurang open masalah penanganan banjir di Desa Kolam yang setiap tahunya khususnya dusun X dan dusun XI ini jadi langganan banjir.

Tahun 2022 ini awal Oktober hingga November ini dengan keterbatasan dana,beliau menunggu tim dari BPBD Kota Medan.Ketua BPBD wilayah Medan Ir.Abdul Haris Lubis M.Si
saat di Konfirmasi belum ada jawaban Sabtu (19/11/22) Kades Jupriyanto” dalam Hal ini belum melaporkan kepada tim sarlak bencana di kabupaten Deliserdang,selanjutnya tinggal menunggu instruksi Bupati Percut Sei tuan “, ujar beliau.

Warga dusun X Pak Mamat, juga warga dusun XI Desa Kolam ini M.Madun(62) Sabtu (19/11/22 ) ” Kami berharap kepada bapak Bupati juga Walikota Medan agar dapat melihat keberadaan kami saat ini,sebagai warga Dusun X dan Dusun XI Peringgan( warga bapak ),tolong lihat kami pak, dan bisa langsung melihat Air yang merendam dusun X dan dusun XI Desa Kolam ini.

Dan kami juga belum ada menerima bantuan apa-apa pun dari Desa maupun pemerintah Kota Medan
Kepala dusun XI Peringgan “Erwin ” hanya sekedar Survey di TKP yang banjir. Ibu Masdalipa Siregar yang terkena imbas banjir rumahnya,pada Sabtu malam hingga kini hanya bisa pasrah atas musibah ini hanya bisa berdo’a semoga banjir cepat teratasi “.

Kepala Desa Kolam “Jupriyanto” warga berharap agar secepatnya tanggap darurat membuat Disaster Breafing masalah banjir ini terhadap instansi terkait Dasarian 1,2,3 dan seterusnya berapa meter elevasi radius banjir di dusun X dan dusun XI ini kalau memang Drainasenya yang tumpat agar segera diatasi secepatnya.harapan warga agar segera di bangun jembatan atau rambin atau gimana solusi demi terciptanya Aman dan nyaman air yang merendam pemukiman warga dapat teratasi dengan baik
Sampai berita ini di turunkan banjir belum juga surut.

Tolong Instansi yang terkait harapan warga yang terkena dampak banjir memohon Bupati Deli Serdang H.Ashari Tambunan MSi juga Bapak walikota Medan Boby Nst segera turun ke TKP agar dapat membangun Jembatan Permanen karna Kades yang bernama Jupriyanto tidak open masalah Insfrastruktur apalagi Jembatan. yang selama ini hasil Swadaya dan Swakelola masyarakat Dusun X dan Dusun XI Peringgan, jembatan yang terbuat dari papan dan hanyut apabila datang banjir karna jembatan ini Akses jalan Alternatif menuju kedua Dusun X dan Dusun XI.

(Tim)

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: