Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Thursday 6th October 2022

GEREJA HKI RESORT KHUSUS PIRMA TOBA II RAYAKAN PASKAH

GEREJA HKI RESORT KHUSUS PIRMA TOBA II RAYAKAN PASKAH

Sebanga, LENSA NEWS

Jumat 15 April 2022, Pendeta Sandi Petrus Pakpahan, S.Th , Pendeta HKI Resourt Khusus Jalan Pirma Toba II. Jumat Agung ialah sebuah peringatan akan peristiwa wafatnya Yesus Kristus di kayu salib, setelah melewati proses diadili oleh Imam Hanas, Kayafas dan juga Pilatus. Setelah mengalami berbagai macam penyiksaan dan pada puncaknya Yesus disalibkan di Bukit yang Bernama Golgatha yang artinya Bukit Tongkorak (Bnd Matius pasal 27,Markus Pasal 14, Lukas Pasal 22- 23).

Dalam Alkitab tidak disebutkan secara jelas dan terperinci hari Apa dan Kapan Yesus disalibkan, akan tetapi umat Kristiani mengikuti Kalender Masehi. Dalam kalender Masehi yang disusun oleh Alexander The Great, hari Sabat ialah hari Istimewa bagi orang Yahudi, hari peristirahatan dari segala kegiatan dan aktivitas. Sehingga hari dimana Yesus disalibkan ialah hari sebelum Hari Sabbat.

Dengan singkat disimpulkan hari Jumat ialah satu hari sebelum hari Sabbat (kemudian kita kenal dengan hari Sabtu) dan sesudah hari Sabat kita kenal dengan hari Paskah yang jatuh pada hari Minggu dalam kalender Masehi. Jumat Agung sendiri diperingati bukan untuk dijadikan semua moment untuk bersedih atau berduka, akan tetapi titik awal untuk menujukan begitu besarNya Kasih Setia Allah kepada umat ciptaaNya. Karena melalui peristiwa Jumat Agung lah terjadi penebus.

Ada beberapa hal yang perlu dimaknai dalam peristwa Jumat Agung: 1. Jumat Agung ialah Tentang Pengampunan yang dilakukan Allah melalui AnakNya Yesus Kristus yang mati di kayu salib untuk menebus umat ciptaaNya. 2. Jumat Agung ialah moment yang mengajarkan kepada kita persoalan dan peliknya kehidupan yang kita hadapi bukanlah akhir dari segalanya, tetapi mengarahkan umat manusia agar tetap fokus dengan tujuan akhir manusia yakni Kehidupan yang Kekal di surga. 3. Jumat Agung juga mengisayaratkan umat Kristiani agar setia dalam proses kehidupanya.

Selain Jumat Agung, orang Kristen juga mengenal ibadah Kamis Putih, yakni malam Perjamuan Meja Yesus dengan para murid-muridNya. Dalam Kamis Putih inilah Yesus melakukan Perjamuan Kudus, yakni peristiwa Yesus memberikan Roti dan Anggur kepada para murid yang diajarkan dan untuk tetap dilanjutkan oleh para murid sebagai peringatan akan Yesus yang menebus manusia. Lalu ada hari Satu Pengharapan, yakni satu hari sebelum peristiwa Kebangkitan atau kita dengan istilah Paskah. Istilah Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu.

Pengharapan tidak ada dijelaskan secara jelas dan rinci di dalam Alkitab akan tetapi mengikuti Tradisi Yahudi yang diwariskan kepada Gereja Mula-mula lalu dilanjutkan dan dibakukan olah para Bapa-Bapa Gereja yang kemudian menjadi sebuah ajaran yang baku bagi Gereja-gereja Hingga sekarang. Selamat Berjumat Agung, selamat berporses dalam Tuhan.

B.M. Sitorus & M.R. Situmorang

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: