Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Saturday 24th September 2022

Gugat Ke KIP Sumut, Tentang Penggunaan Dana Desa, Kades Batangsaponggol Ponijan, Mangkir di Persidangan

Gugat Ke KIP Sumut, Tentang Penggunaan Dana Desa, Kades Batangsaponggol Ponijan, Mangkir di Persidangan

Labusel,LENSA NEWS

Sidang Sengketa Informasi Publik yang sudah diundang dan diselengarakan kepada para pihak yang dijadwalkan oleh Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara pada hari ini, di AULA Kantor Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara Medan Senin, (23/5/2022).

Dalam sidang Adjudikasi yang berlangsung, hadir dari pihak pemohon, yakni Hendra Harahap (32) Warga Desa Perkebunan Perlabian Kecamatan Kampung Rakyat, Kabupaten Labuhan Batu Selatan, dan Rika Subandri Warga Desa Tanjung Medan. Sedangkan dari pihak termohon, yakni Kades Batang Saponggol PONIJAN yang tak nampak hadir tanpa keterangan yang jelas.

Pihak Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara sebelumnya telah melayangkan undangan kepada Para Pihak, baik Pemohon maupun termohon pada tanggal 17 april lalu. Undangan tersebut ditandatangani oleh Panitera Komisi Informasi Provinsi Sumut, Dra. Efi Zarnita M. Si.

Komisi Informasi Provinsi Sumut, yang di wakili oleh ibu Ayu Kusuma Ning Dewi mengungkapkan, sesuai dengan UU nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Badan Publik dalam hal Anggaran maupun kebijakannya. Badan Publik yang dimaksud, salah satunya adalah Pemerintah Desa (Pemdes).

Sementara, Pemohon Informasi Dokumen APBDes dan LPJ Desa Batang Saponggol, Hendra Harahap menyerahkan ketidakhadiran pihak termohon kepada Komisi Informasi Provinsi Sumut, dan tetap berharap bisa mendapatkan Dokumen yang dimintanya.

“Kita tetap pada permohonan, yakni untuk diberikan Dokumen APBDes Desa Batang Saponggol dan LPJ-nya. Untuk ketidakhadiran termohon, kami serahkan kepada KIP Sumut,” ujarnya.

Hendra juga mengungkapkan bahwasanya Pemerintah Desa menggunakan anggaran baik APBD maupun APBN. RuhUU 14/2008 tersebut adalah tetap ada supaya masyarakat mengetahui dan dilibatkan dalam hal anggaran, maupun dalam pembuatan kebijakan,” tegasnya.

(Tim)

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: