Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Saturday 1st October 2022

Harga Cabai Meroket Ibu-Ibu Dipasar Inpres Kotapinang banyak Terpeleset

Harga Cabai Meroket Ibu-Ibu Dipasar Inpres Kotapinang banyak Terpeleset

Labusel,LENSA NEWS

Belum hilang dari benak kita kelangkaan minyak goreng beberapa waktu lalu, saat ini menyambung melonjaknya Sembako kebutuhan keluarga seperti cabai merah Cabai hijau dan bahan pangan lainnya.

Pantauan media kenaikan ini berimbas kepada pedagang sayuran yang ada dipasar Inpres dengan lonjakan harga cabai merah, hijau, bawang merah, tomat yang sangat signifikan menjadikan pelanggan sepi untuk berbelanja.

Seperti yang diutarakan Maharani (26) yang sering disapa bu Ani kepada media Kamis, (16/06/2022).cabai merah dan bahan bumbu lainya naik membuat pelangan ibu-ibu rumah tangga saya yang biasanya setiap hari datang kepajak Inpres tidak datang kepajak.

“Gimana saya tidak menaikkan harga cabai dan bahan bumbu lainya pak, sementara pembelian saya dari pemasok juga naik” Imbuhnya.

Seiring situasi kenaikan tersebut warga Kotapinang Syahfitri (43) ibu rumah tangga yang lagi berbelanja kebutuhan bumbu bahan dapur keluarganya dipasar Inpres Kotapinang mengatakan.

“Kalau sudah begini mau tak mau kami sebagai ibu rumah tangga tetap membeli, namun kami mengurangi takaran pembelian bumbu masak dapur kami” katanya.

Selanjutnya, gimana kami tidak beli cabai dan bahan lainya ini merupakan kebutuhan primer yang harus saya siapkan sehari-harinya sebagai resep bumbu masak dirumah saya.

Kepala dinas Disperindakkop melalui sekretarisnya Hendrik saat dikonfirmasi mengenai kenaikan harga cabai dan lainya menjelaskan naiknya harga cabai merah, bawang merah,bawang putih dan yang lainnya diakibatkan harga pupuk non subsidi yang cukup tinggi sementara pupuk subsidi petani susah untuk mendapatkannya.

Disamping itu iklim atau cuaca tidak mendukung saat penanaman cabai dilapangan sehingga panen petani tidak maksimal

Situasi kenaikan harga cabai dan bahan pokok lainnya ini bukan hanya didaerah kita, kenaikan ini menyeluruh dan bisa kita lihat di geogle bisnis pasar hari ini, kata sekretaris sambil menyudahi pembicaraan

(Muklas)

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: