Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Friday 2nd December 2022

Jelang Akhir Tahun 2021, Kapolres Dumai Sampaikan Capaian Kinerja Polres dan Polsek Jajaran

Jelang Akhir Tahun 2021, Kapolres Dumai Sampaikan Capaian Kinerja Polres dan Polsek Jajaran

DUMAI, LENSA NEWS

Jelang berakhirnya tahun 2021, Kapolres Dumai AKBP Mohammad Kholid, S.I.K menyampaikan tentang capaian kinerja Polres Dumai dan Polsek Jajaran selama tahun 2021, berikut petikannya :

Selama tahun 2021, jumlah tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Polres Dumai sebanyak 515 kasus, dan penyelesaian perkara sebanyak 413 kasus atau 80,19 persen.

Dari jumlah tindak pidana yang terjadi selama tahun 2021 tersebut, jenis kejahatan terbanyak diluar kasus narkoba adalah tindak pidana pencurian dengan pemebratan sebanyak 75 kasus, kemudian tindak pidana pencurian 59 kasus dan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor sebanyak 45 kasus.

Untuk kasus-kasus menonjol atau atensi selama tahun 2021, Jajaran Polres Dumai juga berhasil mengungkap kasus Illegal Logging atau Pembalakan Liar, Pungli dan Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla).

Sementara untuk tindak pidana penyalahgunaan narkotika yang berhasil diungkap sepanjang tahun 2021 yakni 87 kasus dengan jumlah tersangka sebanyak 128 orang. Adapun total barang barang bukti Narkotika yang diamankan berupa Narkotika Bukan Tanaman Jenis Shabu sebanyak 93.388,41 gram, Daun Ganja Kering sebanyak 241,81 gram dan Pil Ekstasi sebanyak 23.213,5 butir.

Kemudian disampaikan tentang data kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama tahun 2021 sebanyak 53 kejadian, jumlah tersebut lebih kecil jika dibandingkan data laka lantas pada tahun 2020 lalu sebanyak 70 kejadian. Seiring dengan itu, jumlah korban meninggal dunia akibat laka lantas selama tahun 2021 juga terjadi penurunan, dimana pada tahun 2020 lalu korban meninggal dunia sebanyak 34 orang dan tahun 2021 sebanyak 33 orang.

Kemudian untuk program percepatan Vaksinasi Covid-19, Polres Dumai beserta Polsek Jajaran telah bekerja keras tanpa lelah siang dan malam untuk menyukseskannya. Kerja keras bersama seluruh stakeholder ini, telah berkontribusi pada peningkatan secara signifikan jumlah masyarakat Kota Dumai yang telah divaksin hingga mencapai 82,58 persen.

Sementara itu, berbagai upaya juga tak henti-hentinya dilakukan oleh Polres Dumai Jajaran Polda Riau diantaranya ialah melaksanakan Launching Aplikasi Bersama Selamatkan Riau (BSR), melaksanakan kegiatan vaksinasi massal diberbagai tempat dan kawasan bahkan tak jarang menyediakan doorprize untuk menarik minat masyarakat Kota Dumai, melaksanakan Sosialisasi dan memberikan himbauan akan dampak dari Covid-19 diberbagai tempat umum / keramaian, melaksanakan sosialisasi berupa kegiatan pelatihan terhadap Personil guna meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang Covid-19 serta mensosialisasikannya secara langsung kepada masyarakat, melaksanakan himbauan kepada masyarakat dalam menghadapi Perayaan Natal 2021 dan Tahun baru 2022 melalui Himbauan di Tempat keramaian, Pemasangan Himbauan, Pamflet serta Himbauan Berupa Video dan Meme melalui Akun Resmi Media Sosial Humas Polres Dumai, dan tak lupa pula membagikan Sembako ataupun memberikan bantuan terhadap masyarakat Kota Dumai yang membutuhkan dan ataupun yang terdampak Covid-19 sejumlah 3.175 Paket Sembako, 1.200 Paket Makanan Siap Santap dan 130.000 Alat Kesehatan (masker).

Kemudian, Kapolres Dumai AKBP Mohammad Kholid, S.I.K menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat, apabila belum sempurna dalam memberikan pelayanan Kepolisian terhadap masyarakat Kota Dumai. “Kedepan kami akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik sesuai harapan kita semua”, ujar Kapolres Dumai, Rabu (29/12/2021).

Pantauan dilapangan, Kapolres Dumai tak henti-hentinya memberikan himbauan kepada masyarakat dalam rangka menyambut tahun baru 2022, untuk tetap berdisiplin menerapkan protokol kesehatan dan menganjurkan untuk mengurangi mobilitas keluar rumah, guna mencegah terjadinya lonjakan penyebaran Covid-19 pada saat liburan akhir tahun.

(RHS)

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: