Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Saturday 1st October 2022

Lagi Kebakaran Di Duga Dalam Kawasan Hutan Rumah Karyawan Milik PT Grahadura Leidong Prima

Lagi Kebakaran Di Duga Dalam Kawasan Hutan Rumah Karyawan Milik PT Grahadura Leidong Prima

Labura, LENSA NEWS

Sebanyak 4 unit rumah yang dihuni karyawan PT Grahadura Leidong Prima Tbk yang berlokasi di antara 2 Desa yaitu Desa Sukarame dan Sukarame Baru Kec Kualuh Hulu Kab Labuhanbatu Utara ludes terbakar di lalap si jago merah Sabtu (21/5/2022) sekira pukul 07.30.00 WIB.

Mendapatkan informasi ini Humas PT Grahadura Leidong Prima Tbk Timi Lubis saat dihubungi media ini melalui Aplikasi WhatsAp sekira pukul 08.30.WIB menyebutkan bahwa benar terjadi kebakaran tetapi bukan lahan perkebunan dan mengaku dirinya baru mengetahui kejadian kebakaran dan baru tiba di lokasi kebakaran saat itu dan saat dimintai informasi jumlah rumah yang terbakar Timi tidak memberi jawaban.
Kemudian media ini menghubungi langsung General Manager (GM) PT Grahadura Leidong Prima Tbk Tukiman melalui WhatsApp mengatakan bahwa benar terjadi kebakaran namun mengaku hanya 1 unit rumah karyawan saja saja yang terbakar. Dan kemudian mengatakan untuk mendapatkan informasi langsung saja melalui Humas.
Namun berkali Humas dihubungi media ini melalui WhatsApp tidak menyahuti.

Pada Senin (23/5) di ruang kantor humas PT Grahadura Leidong Prima Tbk, media ini disambut salah seorang anggota Humas yang bernama Madon dan saat dimintai keterangan mengaku bahwa benar jerjadi kebakaran rumah karyawan sebanyak 4 unit di Devisi I dan tidak ada korban jiwa. Pihak perusahaan telah memberi bantuan berupa sembako. Dan saat dimintai keterangan asal muasal api Madon mengatakan tidak tau persis sumber apinya hanya yang memadamkan api itu bersama warga menggunakan alat berupa pompa air yang telah disediakan.
“Sejak adanya peristiwa kebakaran lahan perkebunan kelapa sawit sebanyak 60 ha milik PT Grahadura Leidong Prima Tbk yang menghanguskan seluruh tanaman pada waktu lalu (24/2/2021 red) pihak Perusahaan PT Grahadura Leidong Prima Tbk telah menyediakan alat pembantu untuk menyiram api jika terjadi kebakaran dilokasi PT Grahadura Leidong Prima ” ujarnya.

Dari informasi yang dihimpun media ini kebakaran bersumber dari api lampu teplok yang digunakan didalam salah satu rumah yang dihuni oleh karyawan PT Grahadura Leidong Prima. Sebab dari sumber yang tidak mau disebut namanya di lokasi kebakaran kepada media ini menyebutkan bahwa selama ini mereka menggunakan listrik dari mesin Gansed yang disediakan pihak perusahaan dimana penggunaannya mulai dari pukul 6 sore hingga pukul 6 pagi.
“Saat itu masih gelap bang, hingga menggunakan alat penerangan dari api bersumbu sejenis lampu teplok”.
Kemudian saat itu ada kegiatan karyawan dengan pihak pimpinan perusahaan di Devisi I pada Sabtu (21/5) pukul 07.00 WIB yang seperti biasa dilaksanakan Briefing dikantor Manajer yang berjarak sekira 50 m dari lokasi kebakaran.

Adapun ke 4 nama penghuni rumah yang juga sebagai karyawan PT Grahadura Leidong Prima Tbk ,Andika sebagai supir manager Devisi I, Andre Panjaitan sebagai Security, Azhar dan Budiman Sitorus sebagai mandor kebun.

Hingga pukul 11.00 WIB api melalui video yang disebarkan sudah redup dan warga baru boleh masuk kelokasi kebakaran untuk membersihkan puing-puing seperti atap rumah, tiang,dan lainnya.
Tetapi dalam suara video kebakaran yang tersebar diduga penghuni dan korban kebakaran menyampaikan tidak berfungsinya dengan maksimal pompa air milik PT Grahadura Leidong Prima Tbk se hingga api cepat membakar 4 unit rumah yang terdiri dari kayu.

Ketua Forum Komunikasi SUSUBA M Nainggolan kepada media ini menyebutkan bahwa peristiwa kebakaran ini merupakan peristiwa kebakaran untuk ke 2 kalinya yang terjadi dan dialami oleh PT Grahadura Leidong Prima Tbk dalam kurun waktu 2 tahun ini setelah kebakaran lahan perkebunan kelapa sawit sebanyak 60 ha lebih pada (24/2/2021) lalu

Dan lokasi kebakaran rumah karyawan ini juga kuat dugaan berada di lokasi kawasan hutan.
Ketus Nainggolan.

Kami dari mayarakat SUSUBA berharap agar PT Grahadura Leidong Prima Tbk segera membenahi seluruh peralatan pencegahan kebakaran agar jangan sampai hal.yang sama terjadi kembali dan agar rumah karyawan yang terbuat dari kayu atau papan agar segera di renovasi ujar Nainggolan.(MH)

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: