Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Saturday 24th September 2022

Masyarakat (Fordam Susuba) Laporkan PT GLP Ke Polda Sumut

Masyarakat (Fordam Susuba) Laporkan PT GLP Ke Polda Sumut

Teks gambar:  Kantor Besar PT Grahadura Leidong Prima di Desa Sukarame Baru Kec Kulauh Hulu Kab Lanuhanbatu Utara.

Labura, LENSA NEWS

Masyarakat mengatas namakan Forum Komunikasi dan Advodkasi Masyarakat Sukarame dan Sukarame Baru (Fordam Susuba) mengaku telah melayangkan surat laporan keberatan masyarakat atas dugaan kesewenangan PT Grahadura Leidong Prima mengelola DAS Sungai Leidong ke pihak Polda Sumatera Utara di Medan pada 21 Juni 2022 .

Usai Surat laporan ini diterima oleh Kanit 1 Subdit IV/Tipiter Dirkrimsus Polda Sumut, pihak Fordam Susuba mendatangi dan memberi keterangan langsung di kantor Subdit IV/Tipiter Ditkrimsus Poldasu atas undangan Kanit 1 Subdit IV/Tipiter Ditreskrimsus Polda Sumatera Utara pada (19 /7/2022)Keterangan yang disampaikan langsung Ketua Fordam Susuba RN kepada Media ini di Aek Kanopan mengatakan pihaknya telah dipanggil untuk dimintai keterangan atas laporan masyarakat yang disampaikan Fordam Susuba seperti Daerah Aliran Sungai (DAS) sungai Leidong yang mengalir di sekitar lahan Perkebunan milik PT GLP yang telah dijadikan lahan produksi yang sudah bertahun-tahun ditanami pohon kelapa sawit.

Kemudian dugaan pengalihan alur sungai oleh pihak PT GLP yang mengakibatkan lahan perkebunan masyarakat kebanjiran jika terjadi musim penghujan. RN mengaku dirinya juga didampingi beberapa orang pengurus dan anggota Fordam Susuba saat memberi keterangan di Mapoldasu. Kemudian RN menyampaikan pada (25/8).

atas desakan Fordam Susuba maka Surat dari Dirkrimsus Polda Sumut nomor K/702/VIII/Red.7.4/2022/Ditreskrimsus untuk klarifikasi (konfidensial) perihal Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan (SP2HP) telah tiba di tangannya. Yang menyampaikan ” Masih dalam proses penyelidikan.”

Adapun rencana tindak lanjut penyidikan yaitu melakukan wawancara kepada Wilayah Sungai Sumatera II terkait pengelolaan sungai di Kec Kulauh Hulu Kab Lanuhanbatu Utara Propinsi Sumatera Utara.

Dari informasi tindak lanjut laporan Fordam Susuba ke Mapolda ini menurut sumber yang dapat dipercaya dari salah seorang masyarakat bahwa ada 5 orang pihak pimpinan PT Garahadura Leidong Prima di duga telah dipanggil dan diperiksa pihak Mapoldasu melalui Kanit 1 Subdit IV/Tipiter Ditreskrimsus Polda Sumut AKBP M. Danil SH di Mapolda Sumut.

Diantaranya General Manager (GM) inisial TK, Manager LME IS, Asisten Lab ML,Manager PKS MS dan Asisten Divisi III LME inisial A. Saat informasi didapat,media ini mencoba konfirmasi melalui Aplikasi WhatsAp perihal panggilan dari Mapoldasu (Subdit IV/Tipiter Ditreskrimsus) atas Laporan Fordam Susuba Ke Mapoldasu General Manager tidak membalas walaupun terlihat dalam aplikasi WhatsAp sudah terbaca.(MH)

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: