Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Thursday 6th October 2022

Pembahasan LKPJ Bupati Kab Labura 2021 Oleh DPRD Tancap Gas Hingga Selesai 12 Hari Kerja Ada Apa

Pembahasan LKPJ Bupati Kab Labura 2021 Oleh DPRD Tancap Gas Hingga Selesai 12 Hari Kerja Ada Apa

Labura, LENSA NEWS

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban atau biasa disebut LKPJ sudah pasti para Panitia Khusus (pansus) LKPJ terdiri dari anggota DPRD memiliki waktu yang panjang hingga 1 bulan lamanya untuk mengadakan rapat dan pembahasan bersama dengan OPD tentang out put (hasil) kinerja OPD dalam penggunaan APBD sesuai dengan isi dalam BAB yang tertuang di dalam LKPJ Bupati Labuhanbatu Utara.

Namun pada saat ini pengesahan LKPJ Bupati sebagai Kepala Daerah di Pemerintahan Kab Labuhanbatu Utara 2021 yang terdiri dari 4 BAB terkesan “dipaksakan” SE dapat disahkan hanya memakan waktu 12 hari kerja dan juga diduga ” tidak transparan dan akuntabel “.

Sebelumnya media ini melansir berita dari portal media oneline milik Pemkab Labuhanbatu Utara mengatakan bahwa Bupati Labuhanbatu Utara Hendriyanto Sitorus SE.MM menyampaikan Nota Pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2021 pada rapat Paripurna di gedung DPRD Aek Kanopan Senin (11/4/2022).

Kata sambutan yang disampaikan langsung oleh Bupati di hadapan para anggota DPRD bahwa ” rapat paripurna penyampaian LKPJ Kepala Daerah Tahun Anggaran 2021 ini merupakan agenda rutin penyelenggaraan Pemerintahan Daerah untuk secara transparan dan akuntabel “.

” Menyampaikan informasi terhadap kebijakan-kebijakan dan hasil penyelenggaraan pemerintahan selama setahun sesuai yang diamanatkan di dalam Peraturan Pemerintah nomor 13 Tahun 2019 pasal 19 ayat (1) yang menyatakan LKPJ akhir tahun anggaran disampaikan kepada anggota DPRD paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Kegiatan Tahun 2021 diarahkan pada berbagai sektor pembangunan meliputi perbaikan penyempurnaan dan pelayanan pemerintah daerah,penanggulangan pandemi covid 19,peningkatan kwalitas SDM,peningkatan kesehatan, peningkatan dan penguatan ekonomi kerakyatan.

LKPJ Bupati Labuhanbatu Utara tahun anggaran 2021 ini terdiri dari 4 BAB.

Seperti yang diutarakan langsung kepada awak media ini yang mengaku dirinya sebagai anggota DPRD Kab Labuhanbatu Utara bahwa penetapan dan pengesahan LKPJ Bupati Labuhanbatu Utara tahun anggaran 2021 ini terkesan dipaksakan dan di “gas” agar segera selesai tanpa membahas BAB per BAB.

” Hanya dalam tahap pembahasan BAB I tanpa membahas BAB II.III.dan IV Ketua Pansus langsung mengetuk palu dan LKPJ Bupati Labuhanbatu Utara tahun anggaran 2021 selesai dalam 12 hari kerja.

Selanjutnya dari informasi yang didapat, anggota DPRD yang tidak mau disebut namanya mengaku kepada awak media ini pada hari Kamis (28/4) sekira pukul 10.00 WIB Pansus masih membahas BAB I kemudian pada pukul 14.00 WIB LKPJ Bupati Kab Labuhanbatu Utara tahun anggaran 2021 sudah diketuk dan sah serta diterima Ketua Pansus LKPJ Bupati tahun anggaran 2021.

” Ada apa ini, saya heran jangan-jangan ada permainan dalam hal ini ” ujarnya dengan nada kesal melalui telepon seluler.
Selayaknya seluruh isi dalam BAB di LKPJ melalui OPD yang terkait dalam menggunakan APBD tahun 2021 dibahas bersama dengan anggota DPRD dan kemudian anggota DPRD melakukan monitoring ke lapangan apakah benar atau tidak tepatnya anggaran pada tempatnya.
Karena masih ada kejanggalan-kejanggalan dalam proses pelaksanaan pekerjaan baik pengadaan barang dan jasa serta pembangunan yang sudah selesai pada tahun anggaran 2021 lalu disinyalir telah menjadi temuan karena tidak sesuai dengan spesifikasi dan ada juga bangunan kekurangan volume pekerjaan oleh tim BPK-RI Perwakilan Sumut baru-baru ini
Ketusnya.

Saat media ini menghubungi ketua Pansus LKPJ Bupati Labuhanbatu Utara tahun anggaran 2021 melalui aplikasi WhatsApp Darwin Tanjung dari Praksi PKB tidak memberi komentar walaupun terlihat ada tanda sudah tersampaikan.

Kemudian media ini menghubungi Wakil Ketua Pansus LKPJ Sugito dari Praksi Golkar perihal pembahasan LKPJ Bupati yang disinyalir dipaksakan agar segera selesai. Dan melalui aplikasi WhatsApp juga Sugito mengatakan dalam tata tertib dewan,apabila ketua tidak hadir atau ada penyerahan dari ketua maka wakil boleh memimpin rapat.

Selanjutnya saat media ini mempertanyakan apakah hanya boleh BAB I dalam LKPJ Bupati dibahas tanpa membahas BAB yang selanjutnya boleh dinyatakan sah dan diterima oleh Ketua Pansus, Sugito mengatakan bahwa seluruh BAB di dalam LKPJ sudah dibahas pada hari ini juga bang Kamis (28/4).

Selanjutnya saat ditanya kembali tentang pembahasan LKPJ terdiri dari 4 BAB selesai dalam 1 hari Sugito menyampaikan LKPJ dibahas sejak tanggal 12 April 2022 hingga 28 April 2022. (MS).

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: