Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Tuesday 17th May 2022

Pemkot Tanjungbalai Laksanakan Sosialisasi Percepatan Penurunan Angka Stunting di Kecamatan Sei Tualang Raso

Pemkot Tanjungbalai Laksanakan Sosialisasi Percepatan Penurunan Angka Stunting di Kecamatan Sei Tualang Raso

Tanjungbalai, LENSA NEWS

Pemkot Tanjungbalai kembali menggelar sosialisasi percepatan penurunan angka stunting. Kali ini sosialisasi dipusatkan di Gedung Bersejarah, Kecamatan Sei Tualang Raso, Kamis (14/4/2022).

Sosialisasi yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Plt Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib dan dihadiri Tim pendamping Keluarga (TPK) Percepatan Penurunan Angka Stunting Kota Tanjungbalai, Plt Camat Sei Tualang Raso Gando Tuah, OPD terkait serta para warga/keluarga yang mengalami langsung Stunting.

Plt Wali Kota, Waris kembali menyampaikan bahwa apa yang dilakukan saat ini khususnya dalam penanganan kasus Stunting harus dilakukan dengan serius. Hal ini mengingat data angka Stunting di Kota Tanjungbalai hingga saat ini masih sangat tinggi. Untuk itu sejak beberapa hari lalu, saya ikut serta dengan turun langsung bersama tim kerumah warga untuk melihat langsung kondisi balita dan menyiapkan langkah langkah konkret dalam penyelesaiannya dan mengedukasi warga kita.

Tahun 2022 ada 7 Kelurahan yang menjadi prioritas dalam peningkatan percepatan stunting di Kota Tanjungbalai yakni Kelurahan TB Kota II, Kelurahan TB Kota III, Kelurahan Pahang, Kelurahan Bunga Tanjung, Kelurahan Sumber Sari, Kelurahan Kapias Pulau Buaya dan Kelurahan Perjuangan, papar Waris.

Lanjut Waris, Selain menyiapkan tim pendamping keluarga, saya berharap Tim pendamping bersama seluruh OPD terkait memperkuat koordinasi dalam pelaksanaan mekanisme tata kerja, pemantauan, pelaporan, evaluasi, dan pendanaan upaya penanganan stunting hingga angkanya terus menurun.

Dalam beberapa hari ini kita telah melakukan kunjungan langsung kerumah warga yang keluarganya mengalami Stunting. Saya berharap kita tidak sampai pada sebatas memberikan makanan tambahan saja namun yang terpenting tindakan lanjutan penanganan balita tersebut hingga mereka semua benar benar sehat, serta pemberian edukasi kepada orangtuanya tentang berbagai cara dalam mempercepat pengobatannya, tegas Waris.

Terkait hal ini, saya meminta OPD terkait untuk serius menyelesaikan ini. Camat, Lurah dan Kepling saya berharap lakukan pertemuan langsung ke warga atau keluarga yang terkena Stunting, lengkapi data yang valid dan kordinasikan dengan berbagai stakeholder. “Saya siap turun langsung, saya akan turun langsung ke Kelurahan bersama OPD, saya tidak mau lagi persoalan Stunting ini terlebih dahulu di ekpos oleh kawan kawan Media maupun Ormas atau pihak lainnya. Untuk itu saya minta OPD mulai dari Kepling, Lurah, Camat, Puskesmas dan lainnya terus turun ke Lapangan mengecek warganya,” jelasnya.

Selain itu, saya berharap para petugas Puskesmas aktif mensosialisasikan warga kita khususnya para kaum ibu mengikuti program posyandu dalam rangka pemenuhan gizi, asupan ASI ekslusif sehingga tumbuh kembang anak bisa rutin diawasi, tutur Waris.

Setidaknya, Persoalan Stunting ini harus kita lakukan dengan serius sehingga manfaatnya benar benar dirasakan warga kita yang terkena Stunting. Untuk itu setelah kita mengunjungi warga yang terkena Stunting saya minta seluruh OPD menindaklanjutinya dengan melakukan pengecekan, lakukan pengawasan lanjutan dan pengobatan secara rutin kerumah warga hingga anak anak dan warga kita yang terkena Stunting benar benar Sehat. Mari kita wujudkan Tanjungbalai Sehat – Masyarakatnya bahagia dan sejahtera, pungkas Plt Wali Kota Waris Thalib.

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: