Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Thursday 6th October 2022

Penangkaran Sarang Burung Walet Di Desa Perkebunan Teluk Panji Labusel Di Duga Tidak Mengantongi Izin

Penangkaran Sarang Burung Walet Di Desa Perkebunan Teluk Panji Labusel Di Duga Tidak Mengantongi Izin

Labusel, LENSA NEWS

Di Desa Perkebunan Teluk Panji sudah menjamur Penangkaran Sarang Walet Seperti di Dusun II Sidodadi Teluk Panji,Dusun VI Sei Kalam,Dusun X Kampung Selamat Pondok Ladang,Dusun Kampung Jawa Desa Teluk Panji semua itu masih di Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhan Batu Selatan mendirikan gedung penangkaran walet tidak gampang harus mengurus Izin tanpa mengurus izin dan tidak berkoordinasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan Pemilik gedung itu telah melanggar UU No 28 tahun 2002 dan melanggar PP No 36 tahun 2005 tentang peraturan pelaksana UU No 28 tahun 2002 tentang bangunan gedung, pasal 115 Ayat (1) PP no 36. Kepala desa atau PJ Kades Desa Perkebunan Sidodadi Teluk Panji apa tidak tau ada pembangunan gedung penangkaran walet di desanya.

Pelanggaran peraturan pemerintah pemilik gedung penangkaran walet ilegal haruslah Secepatnya mengurus ijin SIMB,

“Maka apa bila orang yang sudah melanggar UU dan peraturan pemerintah tentunya akan menerima sanksi administratif tidak segampang itu Pemkab bisa rekomendasikan Perizinan baru mengurus lalu ijin terus keluar,oleh karena itu dalam hal ini menjadi tanggung jawab Camat dan kepala desa terkait rekomendasi perizinan, dan semua pelayanan kepada masyarakat ini tugas yang merupakan perpanjangan tangan bupati Labuhan Batu Selatan selaku kepala daerah” jelasnya, saat wawancara dengan awak media ini.

Awak media mencoba konfirmasi Selasa,(10/5).di Penangkaran Walet yang ada di Dusun VII Penjaga tersebut mengaku “tidak tau menau.masalah Izin menurut keterangan Paiso penjaga Gedung tersebut mengaku itu gedung memang untuk sarang walet” ujarnya, ternyata memang benar adanya Pemilik Penangkaran Walet ada sedikit Arogansi dengan awak media dan tak mau jumpa dengan awak media.mulai Tahun 2019 hingga sekarang tampaknya sudah dua tahun lebih di oprasikan diduga Penangkaran Sarang Walet yang ada di Dusun VII Sidodadi Teluk Panjang di duga tidak mengantongi ijin.

Saat Kabiro media Online Konfirmasi warga yang dekat sarang walet tersebut penduduk mana itu bu? yang membangun gedung..Penangkaran Sarang Walet? Oh itu saya tak tau Pak tanya aja yang menjaganya. yang menjaga Gedung walet tersebut Paiso,Oaiso mengatakan kepada Kabiro”Lensa News” yang punya Sarang walet itu namanya pak, nama panggilanya Budi (Kimcai) pak, seorang pengusaha Sarang Walet dari Perbaungan Medan kata Paiso salah seorang warga dusun VII Teluk Panji Penjaga Gedung tersebut Nah kalau masalah Izin saya tak tau menahu lho Pak masalah Izin dan IMBnya Pak.

Warga di sekitar sarang walet tersebut yang tak mau disebut namanya di media ini merasa kebisingan tanya awak media apa tidak kebisingan Bu,ya kebisingan juga sih dan tak diberi Imbalan apa-apa yang ada kebisingan. menurutnya pengelolah sarang burung walet saya tak tau Pak ada Izinnya apa tidak.

Dalam rapat paripurna. DPRD Labusel pernah di rapatkan di Gedung DPRD yang lama Jalan Bedagai pernah di bicarakan, dalam rapat di Gedung Lantai III Jalan Bedagai Kota Pinang DPRD Labusel secara gamblang dan jelas menyampaikan keberadaan gedung penangkaran sarang burung walet di Dusun VII Sidodadi Teluk Panji diduga ilegal.

Di tempat terpisah saat bertemu di kantor DPRD ketika ada rapat nota pengantar, terkait masalah tersebut menyampaikan bahwa “di situ itu pemilik bangunan gedung itu sudah melanggar uu jadi untuk mengeluarkan izin harus melalui mekanisme yang benar sesui prosedur yang ada bang,, sehingga kami dari pelayanan Biro krasi tidak menabrak aturan yang sudah ada UU dan PP”

Dan hal yang sama juga di sampaikan Ketua Labusel jurnalis independen LJI Dahrunsyah Pasaribu SH, “itu sudah benar apa yang di sampaikan camat Kampung Rakyat bila ada pelanggaran prosedur maka itu pengusaha harus ada sanksi jadi pendapat saya itu rekomendasi tidak di keluarkan Kepala Desa Perkebunan Sidodadi Teluk Panji Pending dulu kalau kades merekomendasikan tanpa melaui prosedur bisa kita gugat itu Kepala Desa Perkebunan Sidodadi Teluk Panji Katanya.

(Muklas)

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: