Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Friday 24th September 2021

Penuhi Tiga Indikator, Dumai Kembali Raih Penghargaan Kota Layak Anak

Penuhi Tiga Indikator, Dumai Kembali Raih Penghargaan Kota Layak Anak

DUMAI,LensaNews.net – Walikota Dumai dalam hal ini yang diwakili Asisten III Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Dumai Muhammad Syafie, menghadiri Penganugrahan Penghargaan Kabupaten dan Kota Layak Anak (KLA) 2021 di Command Centre Diskominfo, Kamis (29/07).

Penghargaan ini dimulai dari tahun 2006 sampai 2021 dan penghargaan di tahun 2021 dilakukan secara daring karena harus beradaptasi dengan situasi pandemi.

Proses evaluasi di tahun 2021 ini sendiri melalui proses yang sangat panjang dilakukan ditingkat kabupaten dan kota sedangkan hasil evaluasi dilakukan untuk pengembangan program didaerah masing-masing dan juga evaluasi ini dilakukan secara daring dan hybrid. Ada 3 indikator yang dinilai yakni berdasarkan hak sipil dan kebebasan anak, lingkungan keluarga pengasuhan anak, kesehatan dasar dan pendidikan anak.

Penghargaan itu diserahkan secara Virtual oleh Menteri Pemberdayaan Wanita dan Perlindungan Anak RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si kepada Kabupaten dan Kota yang memenuhi indikator penilaian serta menyelenggarakan layanan perlindungan bagi perempuan dan anak.

Keberhasilan kabupaten dan kota menjadi kota layak anak berkat dukungan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang saling menopang dan bekerja sama memenuhi indikator penilaian.

Menteri Pemberdayaan Wanita dan Perlindungan Anak RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si menginstuksikan kepada lintas sektor untuk menyatukan kekuatan dalam pemenuhan hak anak karena di indonesia diisi oleh sepertiga populasi anak-anak.

“Kota Layak Anak (KLA) merupakan pengintegrasian komitmen lintas sektor berkelanjutan dalam bentuk program kegiatan yang bertujuan untuk menjamin pemenuhan hak anak. Urusan dibidang anak merupakan urusan wajib yang harus didukung oleh semua pihak,” ucapnya.

Kategori Penghargaan ini sendiri terdiri dari Pratama, Madya, dan Nindya, serta Utama. Daerah di Provinsi Riau yang mendapatkan penghargaan Pratama yakni Kabupaten Pelalawan, Bengkalis, Meranti dan Indragiri Hilir, sedangkan Kampar, Rokan Hulu, Indragiri Hulu dan Dumai mendapatkan penghargaan Madya dan Untuk Kota siak sendiri mendapatkan penghargaan Nindya.

Turut hadir dalam acara ini yaitu, Kepala Dinas PPPA, Kabid dan Kasi PPPA dan Duta Anak Kota Dumai.

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: