Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Friday 29th March 2024

Plt Wali Kota Waris Thalib Buka MTQN Ke 54 Tingkat Kota Tanjungbalai Tahun 2022

Plt Wali Kota Waris Thalib Buka MTQN Ke 54 Tingkat Kota Tanjungbalai Tahun 2022

Tanjungbalai, LENSA NEWS

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Thalib S.Ag, MM didampingi Plt Ketua TP-PKK Kota Tanjungbalai Hj Fatiah Haitami Waris membuka langsung pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke 54 tingkat Kota Tanjungbalai tahun 2022 yang dilaksanakan di Masjid Jami’Issabil, Selat Lancang, Tanjungbalai, Sabtu malam (12/2/2022).

Dalam sambutannya, Plt Wali Kota menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada panitia dan jajaran yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan pelaksanaan MTQ tahun ini.

“Al Qur’an merupakan kitab suci dan mujizat bagi Rasulullah SAW sebagai pedoman kita baik untuk yang membacakan maupun yang mendengarkan penuh dengan keimanan semakin sering kita berinteraksi dengan Al Qur’an maka Allah akan meninggikan derajat kita baik dihadapan manusia maupun dihadapan Allah SWT,” ujar Waris.

Musaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan dan program nasional yang sudah melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita, dalam rangka memperkokoh ukhuwah dan syiar islam, sebutnya.

Maka oleh karena itu penyelenggaraan MTQ diharapkan semakin menumbuhkan kecintaan terhadap Al Qur’an serta memotivasi masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup umat manusia yang bertaqwa. Saya juga mengimbau kepada kita semua agar Al Qur’an dapat menjadi filter penyaring terhadap hal hal negatif yang tak terkendali di era globalisasi teknologi, tambahnya lagi.

Lanjut Waris, Oleh karenanya sebagai bahan pemikiran kita semua marilah kita cintai Al Qur’an dengan dimulai dari kita sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar. Semoga Allah SWT meridhoi usaha kita bersama.

Satu rumah penghafal Al Qur’an adalah merupakan target utama dan komitmen Pemkot Tanjungbalai pada masa saya sebagai Wali Kota Tanjungbalai tahun 2022 ini, saya harapkan dapat direalisasikan dan diutamakan dalam program kegiatan kita dalam menjadikan Kota ini menjadi Kota Santri, Kota Qori dan Ulama tegasnya.

Pada kesempatan ini saya juga berpesan kepada seluruh peserta yang akan berlomba untuk dapat mencurahkan semua kemampuan yang dimiliki. “Jangan takut kalah, tapi takutlah jika salah. Kepada dewan Hakim saya ucapkan terimakasih atas kesediaannya menerima amanah untuk melihat dan menilai para peserta diajang pentas MTQN Ke 54 Kota Tanjungbalai tahun 2022,” ungkapnya.

Mari kita jadikan MTQN sebagai keinginan kita bersama untuk meningkatkan kecintaan dan amalan kita dalam melaksanakan ajaran Islam yang rahmatan lil alamin, ungkapnya lagi.

Terakhir saya berharap kegiatan MTQN Ke 54 ini tidak hanya sebatas seremoni saja namun menjadi komitmen kita semua dalam mewujudkan Visi Misi Pemkot Tanjungbalai yang salah satunya di bidang Religius yakni mendorong syiar Islam di Kota Tanjungbalai. “Tentunya kita berharap lahir para Qori dan Qoriah yang berprestasi nantinya tidak hanya di Kota Tanjungbalai saja, namun di tingkat Propinsi bahkan Nasional. Untuk itu saya meminta kepada seluruh Kafilah agar mempersiapkan para Qori dan Qoriah terbaik, sehingga nanti pada pelaksanaan MTQ tingkat Kota akan kita dapatkan mereka sebagai perwakilan terbaik Kota Tanjungbalai yang akan berlomba di tingkat Propinsi Sumatera Utara,” Pungkas Plt Wali Kota Waris Thalib.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pelantikan Dewan Hakim MTQN Ke 54 oleh Plt Wali Kota Tanjungbalai.

Sebelumnya, dalam laporannya Pj Sekretaris Daerah Nurmalini Marpaung sebagai Ketua Panitia menyampaikan Pelaksanaan MTQN Ke 54 ini diikuti utusan dari 6 Kecamatan berjumlah 218 peserta dan akan mengikuti 11 (sebelas) Cabang yakni cabang Tartil, Tilawah, Hifzil Qur’an, Qira’ah Sab’ah, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Tafsir Bahasa Indonesia, Arab dan bahasa Inggris, Khattil Qur’an, KTIQ, Cacat Netra dan Qori lama.

Pelaksanaan MTQN Ke 54 tingkat Kota Tanjungbalai dilaksanakan mulai 12 s/d 15 Februari 2022 untuk semua cabang, sebelumnya telah dilaksanakan technical meeting (11/2) dan pencabutan NPP serta bimbingan teknik kepada para dewan hakim di aula Kantor Wali Kota Tanjungbalai, jelas Nurmalini Marpaung.

Pembukaan MTQN Ke 54 tingkat Kota Tanjungbalai pemberian goresan huruf Kaligrafi oleh Plt Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Thalib didampingi Wakil Ketua DPRD Syahrial Bakti, Dandim 0208/AS Letkol. Inf. Frangki Susanto, Kapolres Tanjungbalai. AKBP. Triyadi, mewakili Kajari Tanjungbalai. Zainal Siregar, Kakan Kemenag Tanjungbalai. H. Al-Ahyu, Ketua MUI Hajarul Aswadi.

Turut hadir dalam pembukaan MTQN Ke 54 yakni Pimpinan OPD Pemkot Tanjungbalai, Kepala Bank Sumut Kota Tanjungbalai. Ali Akbar, Para Camat, Lurah, tokoh Agama tokoh masyarakat, tokoh Pemuda dan Alim Ulama kota Tanjungbalai, Dewan Juri MTQN tingkat kota Tanjungbalai serta Para undangan dan masyarakat Kota Tanjungbalai.

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: