Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Saturday 24th September 2022

Sekda Labusel : Kelebihan Dana Proyek Jembatan Sumberjo Sudah Dikembalikan ke BPK

Sekda Labusel : Kelebihan Dana Proyek Jembatan Sumberjo Sudah Dikembalikan ke BPK

Labusel,LENSA NEWS

Terkait Proyek penggantian jembatan diruas jalan Kecamatan Simpang Asam Jawa, Sumberjo, Pangarungan, Simpang Bunut, Batang Seponggol, Teluk Panji- Sidomulyo Labuhanbatu Selatan dengan pagu senilai Rp1,5 milyar, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Heri Wahyudi M.SST.MAP mengatakan bahwa dana kelebihan pembangunan jembatan yang bangunannya berupa gorong-gorong box culvert telah di kembalikan kepada BPK.

“Iya benar telah mengembalikan kelebihan dana pembangunan Jembatan itu ke BPK” katanya saat di konfirmasi di ruangannya, Jumat (9/9).

Sekda Heri Marpaung lebih lanjut mengatakan akan memperlihatkan bukti pengembalian dana kelebihan tersebut setelah Kadis PUPR Labuhanbatu Selatan Safii Simbolon ST. kembali dari Tangerang yang saat ini sedang melaksanakan pendidikan tetapi Sekda tidak menjelaskan secara rinci siapa pihak yang mengembalikan kelebihan dana tersebut.

Ditanya apakah Kadis PUPR Labuhanbatu Selatan, Safii Simbolon ST. yang dimaksudkan telah mengembalikan kelebihan dana tersebut ke BPK ? soalnya beberapa waktu yang lalu, Safii Simbolon kepada Wartawan mengatakan akan memanggil pemborong untuk klarifikasi jembatan sumberjo tersebut dan tidak menyinggung tentang adanya pengembalian dana ke BPK. Sekda Heri Wahyudi M.S.ST.MAP menjawab jika Kadis PUPR tidak mengerti. ” Kadis PUPR itu tidak mengerti tentang adanya pengembalian kelebihan dana ke BPK” tegasnya.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Ketua Lembaga Bantuan Hukum Konsultan Kontributor Wartawan (LBHK-W) Labuhanbatu Selatan, A.Frans Simarmata, ketika dikonfirmasi, Minggu (11/9) mengatakan aneh jika Sekda lebih mengetahui hal pengembalian kelebihan dana ke BPK karena secara teknis Kadis PUPR lebih mengetahui tentang proyek pengganti jembatan itu, kenapa malah beliau yang menjawab bahwa kelebihan dana pembangunan jembatan telah di kembalikan kepada BPK. Kapan pengembaliannya?” ujar Frans Simarmata.

Kata Frans Simarmata, permasalahan gorong-gorong box culvert menggunakan anggaran konstruksi jembatan tersebut terungkap pada bulan Januari sewaktu PPK PUPR masih dijabat oleh Syamsul Rambe saat ini sudah dimutasikan ke salah satu dinas.

Dalam permasalahan ini juga PPK Rambe sudah pernah dipanggil Tipikor Polda Sumatera Utara tetapi tidak ada tindak lanjutnya memperlihatkan betapa Dinas PUPR Labuhanbatu Selatan piawai menghadapi Tipikor Poldasu. “Masa tidak ada tindak lanjut atas permasalahan itu, padahal disinyalir negara telah dirugikan.

Bangunan yang seyogyanya Jembatan sesuai bestek, malah di bangun gorong-gorong box culvert” tegas Frans Simarmata seraya menyebut akan mengawal persoalan ini secara kelembagaan.

Catatan jurnalistik memperlihatkan bahwa Proyek penggantian jembatan diruas jalan Dusun Sumberjo, Desa Asam Jawa KecamatanTorgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) TA 2021 ini diduga dikerjakan tidak sesuai dengan bestek sebagai petunjuk tekhnis(Juknis) pengerjaan sudah pernah dirilis media ini beberapa kali, namun tidak ada respon dari pihak yang berkompeten.

Jembatan pengganti yang hanya berukuran panjang 8,4 m lebar 2,5 ini menghabiskan anggaran yang sangat fantastis menggunakan anggaran APBD Labusel TA 2021 sebesar Rp.1.498.823.000,-. Hal ini menimbulkan kontroversi di berbagi kalangan masyarakat Labuhanbatu Selatan khususnya masyarakat yang berada di dusun Sumberjo saat itu.

Sebab dilokasi pembangunan jembatan itu memperlihatkan bahwa yang dibangun bukanlah penggantian jembatan, tetapi pembangunan jembatan baru yang dibangun bersebelahan dengan jembatan lama dan bentuknya bukan jembatan namun lebih tepat disebut Box Culvert dengan pondasi berbentuk kubus.

PPK PUPR Labuhanbatu Selatan sewaktu di jabat PPK Syamsul Rambe yang di konfirmasi “Lensa News”via whatsapp pada tanggal 20 Januari 2022 mengatakan pengerjaan proyek penggantian jembatan di Sumberjo telah sesuai dengan bestek namun berbanding terbalik dengan gambar bestek proyek tersebut.

PPK Syamsul Rambe Juga mengatakan bahwa ukuran jembatan adalah panjang 8,4 meter dan lebar 2,5 meter.

(Muklas)

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: