Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Friday 2nd December 2022

Sosialisasi Kampung Dulrempak di Seluruh Kecamatan di Kota Dumai, Kadis PPPA: Wadah Dalam Pemenuhan Hak-hak Kaum Perempuan dan Anak

Sosialisasi Kampung Dulrempak di Seluruh Kecamatan di Kota Dumai, Kadis PPPA: Wadah Dalam Pemenuhan  Hak-hak Kaum Perempuan dan Anak

DUMAI, LENSA NEWS

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Dumai menggelar Sosialisasi Komunitas/Kampung Peduli Perempuan dan Anak (Dulrempak) di setiap Kecamatan yang ada di Kota Dumai.

Sosialisasi ini telah dilaksanakan sejak tanggal 13 hingga tanggal 27 Januari 2022. Sebelumnya, kegiatan ini telah dilaksanakan di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Bukit Kapur dan Kecamatan Medang Kampai.

Kali ini, Rabu (19/01/2022) sosialisasi dilaksanakan di Kecamatan Dumai Timur yang di Buka Secara Langsung oleh Camat Dumai Timur dalam hal ini diwakili oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Dumai Timur Hendri Benny, S.Pi, M.Si.

Kepala Dinas PPPA Kota Dumai Maini Asna, SKM, M.Si pada kesempatan ini bertindak sebagai pemateri. Kehadirannya didampingi oleh Kabid Perlindungan Hak Perempuan Dinas PPPA Kota Dumai, Irfan Wahyudi, SKM, M.Kes beserta jajaran.

Adapun pembentukan Komunitas/Kampung Dulrempak ini berdasarkan pada Keppres No 36/1990 Tentang Ratifikasi KHA, UU Nomor 17/2016 Tentang Perlindungan Anak, dan UU Nomor 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga.

Maini Asna pada kesempatan ini mengatakan bahwa pembentukan Kampung Dulrempak ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan dibidang kewirausahaan berperspektif gender, peningkatan peran ibu/keluarga dalam pengasuhan anak, dan menurunkan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Selain itu, Komunitas/Kampung Dulrempak ini juga berupaya untuk menurunkan pekerja anak, pencegahan perkawinan anak, dan memperkecil kesenjangan gender serta meningkatkan peran aktif perempuan terutama dalam bidang politik, pengambilan keputusan dan ekonomi,” ucapnya.

Harapnya dengan terbentuknya komunitas ini bisa menjadi jembatan dalam pemenuhan hak-hak kaum perempuan dan anak di Kota Dumai.

“Komunitas Dulrempak juga diharapkan dapat mempermudah sosialisasi dan pengarahan kepada masyarakat tentang hal-hal yang mencakup tentang perlindungan perempuan dan anak. Oleh karena itu.

Sumber (diskominfo)

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: