Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Friday 2nd December 2022

Tinjau Kebun Tanaman Yang Dikelola TP PKK Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Plt Wali Kota Waris Thalib : Pemanfaatan Lahan Pekarangan Penting Sebagai Lumbung Hidup Hingga Apotek Hidup

Tinjau Kebun Tanaman Yang Dikelola TP PKK Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Plt Wali Kota Waris Thalib : Pemanfaatan Lahan Pekarangan Penting Sebagai Lumbung Hidup Hingga Apotek Hidup

Tanjungbalai, LENSA NEWS

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai H Waris Thalib mengajak masyarakat Tanjungbalai agar dapat memanfaatkan lahan pekarangan rumah sebagai lumbung hidup hingga apotek hidup.

Waris meyakini jika pemanfaatan pekarangan dimaksimalkan, maka akan berimplikasi pada gaya hidup yang lebih produktif, ketersedian pangan keluarga dengan pemenuhan gizi yang lebih terjamin, serta resiko gangguan kesehatan pun lebih terkontrol.

Hal itu diungkapkan Plt Wali Kota Tanjungbalai H Waris Thalib di sela-sela meninjau Kebun Tanaman yang dikelola PKK Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Kelurahan Perwira, Sabtu (21/1)

Menurut Waris lahan pekarangan seberapapun adanya akan memiliki nilai jika dimanfaatkan dan dikelola melalui pendekatan terpadu, misalnya dijadikan lumbung hidup, warung hidup hingga Apotek hidup.

“Pekarangan menjadi lumbung hidup, artinya memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami berbagai jenis tanaman yang mengandung karbohidrat, misalnya umbi-umbian.

Adapun pekarangan dimanfaatkan sebagai warung hidup, itu berarti sebagian dari lahan pekarangan dapat ditanami berbagai jenis sayur-sayuran, buah-buahan bahkan bumbu dapur yang dapat dimanfaatkan setiap hari.

Menjadikan pekarangan rumah sebagai apotek hidup, itu berarti memanfaatkan sebagian pekarangan untuk dapat ditanami berbagai tanaman obat keluarga atau toga.

Menanam aneka tanaman yang mengandung karbohidrat tersebut tentu ada banyak manfaatnya, misalnya sebagai makanan pokok pengganti nasi atau bahkan juga sebagai penganekaragaman makanan non beras,” sebut Waris.

“Jaman sekarang pola tanam aneka jenis sayuran ini juga banyak pilihan, tidak selalu membutuhkan lahan pekarangan yang luas, misalnya tanam sayur dengan pola tumpang sari atau bahkan dengan pola tanaman hidroponik dan sejenisnya,” pungkasnya.

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: