Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Saturday 24th September 2022

Tipu Warga Gunung Tua, Polwan Gadungan Diciduk

Tipu Warga Gunung Tua, Polwan Gadungan Diciduk

PALUTA, LENSA NEWS

FS (23), wanita berstatus mahasiswa, warga Dusun V Bagan Bilah, Desa Bagan Bilah, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhan Batu, melakukan aksi penipuan dengan menyaru sebagai seorang polisi.

“FS melakukan penipuan dengan cara mengaku dirinya sebagai Anggota Polwan yang bertugas di Polres Padangsidimpuan dengan Identitas palsu dan serangkaian kebohongan, hingga menimbulkan kerugian materiil terhadap korban,” ungkap Kapolsek Padang Bolak, AKP Zulfikar SH MH, di Gunung Tua, 7 Juni 2022.

FS ditangkap berdasarkan laporan Aminah Harahap (35), Warga Gunung Tua yang tinggal di Kampung Banjir, Lingkungan VII Kelurahan Pasar Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara. Datang ke Polsek Padang Bolak melaporkan FS, No. Pol: LP/132/VI/2022/TAPSEL/TPS. BOLAK/SUMUT, Tanggal 04 Juni 2022 kemarin.

Peristiwa berawal, sekitar April 2022, datang seorang perempuan mengaku FS ingin mengontrak rumah di samping rumah Kontrakan Aminah. Dan saat itu ia bercerita kepada Aminah mengaku Anggota Polisi Wanita (Polwan). Sekaligus ingin membantu mengurus Sepeda motor Aminah yang sedang ditahan di kantor Kejaksaan Mandailing Natal (Madina). Bahkan FS meyakinkan Aminah kalau dirinya mampu mengeluarkan suami yang sedang berada di Rumah Tahanan.

“Dan saat itu saya yakin dan selanjutnya terlapor dengan membujuk rayu perkataan yang meyakinkan. Sehingga meminta uang kepada saya. Selanjutnya saya serahkan, pertama saya berikan Rp2 juta, kedua Rp2 juta, ketiga kalinya ia minta Rp4 juta. Selanjunya terlapor meminta uang yang terakhir Rp5 juta,” papar Aminah.

Setelah terlapor minta uang kepada korban dan diberikan, tetapi segala urusan tidak ada yang selesai. Sepeda motor tidak keluar juga dari Kantor Kejaksaan Madina. Dan juga suami Aminah tidak keluar dari rumah tahanan. Bahkan FS tidak pernah jumpa dan selalu menghindar.

Lantas, kata Aminah, Jumat 3 Juni 2022, FS yang ingin pindah rumah kontrakan dijumpainya. Saat itu FS diserahkan Aminah ke Polsek Padang Bolak di Gunung Tua. Diamankan terlebih dahulu.

“Atas kejadian tersebut pelapor keberatan dan juga kerugian secara materil Rp13 juta. Untuk kepastian hukum mohon terlapor dilakukan tindakan hukum sesuai dengan perbuatanya dan telah merusak nama baik Polri. Saat FS diamankan di Polsek Padang Bolak Gunung Tua untuk dilakukan pemeriksaan,” jelas AKP Zulfikar.

(Muklas)

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: