Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Thursday 1st December 2022

Wali Kota Dumai Buka Secara Resmi Pelatihan Da’i Qaryah BAZNAS Kota Dumai

Wali Kota Dumai Buka Secara Resmi Pelatihan Da’i Qaryah BAZNAS Kota Dumai

DUMAI, LENSA NEWS

Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS membuka secara resmi Pelatihan Da’i Qaryah yang ditaja Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Dumai bertempat di Comforta Hotel, Sabtu (19/2).

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Dumai Taqwa Baznas Kota Dumai. Sebanyak 37 orang peserta mengikuti Diklat Da’i Qaryah yang berlangsung selama dua hari kedepan.

Adapun narasumber yang akan memberikan materi diantaranya, Ketua Baznas Provinsi Riau Ust. H. Masriadi Hasan, Lc, MA, Dosen UIN Suska Pekan Baru Ust. Dr. H. Johari, M. Ag dan dari Komisioner Baznas Kota Dumai.

Dalam sambutan sekaligus arahannya, H. Paisal mengatakan atas nama Pemerintah Kota Dumai menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan pelatihan Da’i Qaryah oleh Baznas Kota Dumai.

“Tentunya melalui diklat ini, para Da’i bisa membekali diri dengan dengan meningkatkan ilmu pengetahuan dan pemahamannya, terutama hal-hal yang berkenaan dengan keagamaan dan kemasyarakatan yang nantinya akan disampaikan di tempat para Da’i bertugas,” tuturnya.

Selain berdakwah ditempat yang ditentukan, Wali Kota Dumai juga berharap kepada para Da’i Qaryah yang merupakan bagian dari Baznas dapat melakukan pendataan terkait kondisi ekonomi masyarakat yang berada di daerah marginal.

“Dengan adanya informasi tersebut, nantinya akan memudahkan penyaluran zakat kepada mereka yang memang berhak menerimanya,” imbuh Wali Kota Dumai.

Sebelumnya, Pengurus Baznas Kota Dumai, dalam hal ini Wakil Ketua Bidang Pengumpulan Ustadz Dinul Falhan dalam laporannya menjelaskan bahwa Da’i Qaryah ini adalah Da’i tempatan yang akan ditugaskan melakukan pembinaan rutin 2 kali dalam seminggu dengan lama masa tugas selama 6 bulan dengan fokus materi tentang Fiqh Ibadah.

“Da’i Qaryah ini nantinya akan memberikan edukasi dan pembinaan keagamaan untuk masyarakat di 3 kecamatan pinggiran yakni Kecamatan Sungai Sembilan, Kecamatan Bukit Kapur dan Kecamatan Medang Kampai,” ungkapnya.

Lanjutnya, dua orang Da’i akan mengisi tiap-tiap kelurahan yang ada di tiga kecamatan tersebut dengan rincian.

Sumber (diskominfo)

 

 

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: