Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Friday 2nd December 2022

Warga Hutagodang Sei Kanan Labusel Blokade Jalan PT STA Tanjung Marulak

Warga Hutagodang Sei Kanan Labusel Blokade Jalan PT STA Tanjung Marulak

Labusel,LENSA NEWS

Ratusan warga Dusun Tanjung Marulak, Desa Hutagodang, Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan melakukan Aksi blokade Akses jalan menuju PT Sumber Tani Agung (PT-STA), Kamis (10/11).

Ketua MDTM Erlim Pane mengatakan Aksi blokade akses jalan perusahaan tersebut dilakukan warga buntut dari tidak hadirnya pihak perusahaan PT STA saat digelarnya Rapat Dengar Pendapat dari DPRD Provinsi Sumatra Utara beberapa waktu sebelumnya.

“Kami meminta kepada DPRD Provinsi agar dilakukan RDP perihal kami menduga 500 hektar kebun PT.STA di Tanjung Marulak tidak ada Hak Guna Usaha (HGU) karena areal itu dulu milik warga tapi kala itu jaman orde baru orang tua kami hanya pasrah tidak berkutik,” jelas Erlim.

Akibat aksi blokade yang dilakukan masyarakat tersebut membuat Akses jalan tersebut tidak bisa dilalui.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pihak keamanan dari TNI dan Polisi pun diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pengamanan.

Sementara itu, Manager PT STA Rizal Ramli yang didampingi Humas PT.STA Bianotamba mengatakan bahwa pihak perusahaan tidak pernah membeli areal masyarakat. Ia mengatakan terkait tudingan lahan 500 hektar tersebut dulu dari PT Naga Mas dimana perusahaan tersebut membeli dari PT Cisadane.

“Soal HGU memang tidak ada, karena kami masih mengajukan HGU itu tidak bisa karena pada saat itu di daerah tersebut adalah kawasan hutan register 44 malah pengurusan HGU tidak bisa,” jelasnya,”

Sementara itu, Ketua DPRD Labusel Edi Parapat mengatakan bahwa sudah ada perubahan UU No 18 Tahun 2001 yang mana setiap pengusulan HGU baru maka harus ada plasma.

Usai dilakukan negosiasi antara Ketua DPRD Labusel bersama Kapolsek Sungai Kanan AKP Heri.baik antara pihak perusahaan maupun masyarakat menyepakati pada Senin (14/11) akan dilakukan pertemuan di Kantor Desa Hutagodang bersama pihak management PT STA dengan masyarakat.

(Muklas)

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: