Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Friday 17th September 2021

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pimpin Rapat Teknis dan Sosialisasi Penerapan e-Absensi QR Code

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pimpin Rapat Teknis dan Sosialisasi Penerapan e-Absensi QR Code

DUMAI,LensaNews.net- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Dumai, Drs. H. Khairil Adli, M.Si memimpin Rapat Teknis dan Sosialisasi Penerapan e-Absensi QR Code, bertempat di Ruang Rapat Wan Dahlan Ibrahim, pada hari Kamis (19/08).

Agenda sosialisasi ini digelar oleh Diskominfo Kota Dumai, dihadiri oleh 2 perwakilan (Kasubbag TU dan 1 Admin/Operator) dari 20 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintah Kota (Pemko) Dumai.

Kadiskominfo, H. Khairil Adli dalam kesempatan ini mengatakan sosialisasi penerapan absensi QR Code ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Walikota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS pada momen Apel Bersama dilingkup Pemerintah Kota Dumai (02/08).

“Ini merupakan bentuk komitmen Dinas Komunikasi dan Informatika untuk mewujudkan e-Government dilingkup Pemko Dumai,” ucapnya.

Penerapan e-Absensi ini juga sejalan dengan Perwako No. 8 Tahun 2021 tentang Pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemko Dumai.

“Sesuai dengan Perwako tersebut, kehadiran, keterlambatan, dan ketepatan jam pulang pegawai ASN berpengaruh dengan tambahan penghasilan yang didapatkan. Dengan penerapan e-Absensi, tentunya pegawai ASN harus meningkatkan kedisiplinan dalam segi ketepatan waktu,” ungkapnya.

Kemudian, H. Khairil Adli juga menjelaskan dan memberikan pemahaman tentang fitur dari e-Absen, prasyarat perangkat absensi, dan skema perangkat agar e-Absen QR Code ini dapat diterapkan di masing-masing OPD Pemko Dumai.

“Dengan adanya aplikasi e-Absensi ini, diharapkan produktivitas dan kedisiplinan pegawai (ASN) dalam bekerja akan meningkat. Kami berharap agar semua OPD serius untuk menerapkan aplikasi ini,” ujarnya.

Beliau menambahkan, kedepan tidak ada lagi pegawai yang tidak tahu apa yang dikerjakannya tetapi setiap pegawai akan mengetahui beban tugas sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

“Jika aplikasi ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, manfaatnya bukan hanya dirasakan oleh ASN maupun instansi saja. Pelayanan publik atau masyarakat tentu akan semakin efektif, efisien dan akuntabel,” tambahnya.

Turut hadir Kepala Bidang Bidang Layanan Aplikasi e-Government, beserta staf dan pegawai dilingkup Diskominfo Dumai.

 

Sumber : Diskominfo

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: