Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Friday 2nd December 2022

Majukan UKM, Kementerian BUMN Support Para Pelaku 250 Kabupaten/Kota

Majukan UKM, Kementerian BUMN Support Para Pelaku 250 Kabupaten/Kota

DUMAI, LENSA NEWS

Menteri BUMN Erick Thohir merupakan Menteri yang percaya, bahwa ekonomi Nasional sangat di dukung bisnis UMKM.

Hal tersebut terungkap pada Instagramnya, bernama @erickthohir, dikutip Selasa (2/11/2021). “Ekonomi Indonesia digerakkan sebagian besar oleh ekonomi informal,” tulisnya.

Dengan begitu, kata dia peran UMKM menjadi sangat penting.
“Mereka kunci pertumbuhan ekonomi ke depan,” lagi Menteri Erick, seperti dikutip dari Liputan6.com, 2 November 2021.

Untuk itu, Menteri Erick Thohir mengutus Staf Khusus 3 Kementerian Arya Sinulingga, lakukan kunjungan ke Rumah BUMN di 250 Kabupaten/Kota, termasuk Kota Dumai.

Jumat (7/01/2022), bertempat di halaman Rumah BUMN Dumai SPBU Coco, Arya Sinulingga beserta rombongan (12 orang) bertemu dengan para pelaku UKM, melakukan dialog dan berikan solusi atas setiap kendala pelaku UKM. Diawali dengan peninjauan produk, bahkan Arya memuji karya dan mencicipi produk makanan/minuman.

“Saya diminta Erick Thohir (Menteri-Red) bantu Kementerian BUMN,” ucap Arya Sinulingga di awal acara.

Melihat posisi Rumah BUMN tersebut, Arya Sinulingga meminta Supervisor Rumah BUMN Dumai Mahfud Khairi, agar memindahkan Rumah BUMN tersebut.

“Tempat ini sangat menggangu antrian kendaraan mengisi BBM. Tolong carikan tempat yang kira-kira besar dan halaman luas. Tempat sekarang difokuskan sebagai marketing saja. Di lokasi baru bisa di pakai tempat pelatihan,” pinta Arya Sinulingga, di aminkan Khairi. Arya kemudian perintahkan Pihak Pertamina yang ikut dalam rombongannya untuk membantu Khairi.

Arya berharap di tempat baru nantinya bisa di maksimalkan, selain untuk pelatihan juga sebagai packaging dan memprint stiker.

Arya Sinulingga juga berjanji membantu beberapa permasalahan para Pelaku UKM, seperti kesulitan mendapat bahan baku, alat/teknologi pengolahan makanan/minuman, birokrasi perijinan, pelatihan-pelatihan dan kemudahan pembiayaan modal usaha. Pihak Pertamina, PLN, PNM, BRI dan Telkom yang turut dalam rombongan diminta mencari solusi pelaku UKM.

Arya Sinulingga akan coba memfasilitasi produk UMKM bisa masuk ke mini/supermarket Nasional, seperti Alfamart dan Indomaret.

“Tolong di siapkan MoU Alfamart dan Indomaret dengan pelaku UKM,” perintah Arya Sinulingga kepada salah satu staffnya. Diakhir acara, Arya Sinulingga mendapat cenderamata berupa lukisan wajah beliau dalam bentuk streaming line. “Bagus nih karya nya, cuma maunya wajah Erick Thohir lah yang dibuat,” kritik mantan petinggi Partai Perindo ini.

Usai acara, kepada LENSA NEWS, Arya Sinulingga berkata “Paling lama 2-3 bulan, solusi atas permasalahan pelaku UKM bisa di atasi”.

Supervisor M Khairi terangkan, data per Agustus 2019 sebanyak 717 pelaku UKM yang di bina Rumah BUMN. 7 sektor produk UKM diantaranya;
1. Industri pengolahan bahan baku menjadi barang jadi
2. Perdagangan
3. Jasa: fashion, rajutan/anyaman dll
4. Perikanan
5. Perkebunan
6. Peternakan, dan
7. Pertanian

Yang dominan di produksi adalah mengolah bahan baku menjadi barang jadi, seperti makanan/minuman.

“Terimakasih kepada Menteri Erick Thohir yang sudah mengutus Arya Sinulingga dan berikan solusi atas setiap kendala pelaku UKM,” tutup M Khairi.

(RHS)

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: