Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Monday 24th June 2024

Meranti Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Tahun 2023

Meranti Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Tahun 2023

SEMARANG, LENSA NEWS

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti kembali menerima anugerah Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia tahun 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, I Gusti Ayu Bintang Puspayoga kepada Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar, di Ballroom Padma Hotel Semarang, Sabtu (22/7/2023).

Menteri PPPA RI pada saat penyerahan Anugerah KLA menyatakan Kebijakan tentang Kota Layak Anak telah diamanatkan dalam undang-undang No 35 tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

“Pemerintah Daerah berkewajiban dan bertanggungjawab melaksanakan dan mendukung Kebijakan Nasional dalam Penyelanggaraan Perlindungan Anak di daerah melalui Pembangunan Kabupaten/Kota layak Anak,” sebut I Gusti Ayu Bintang Puspayoga dalam sambutannya.

Plt Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak terkait atas pencapaian ini.

“Atas nama pemerintah daerah kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak baik Forkompinda, Gugus Tugas OPD terkait, lintas lembaga, Organisasi masyarakat, Dunia Usaha, Media Masa yang telah bekerjasama mewujudkan Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai Kabupaten Layak Anak,” ujar Plt. Bupati Asmar.

Diwaktu yang sama, Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kabupaten Kepulauan Meranti, Sukri bertekad untuk meningkatkan lagi kinerja agar tahun depan Kabupaten Kepulauan Meranti meraih predikat utama.

“Alhamdulillah atas raihan prestasi ini, yang merupakan penghargaan predikat Nindya untuk kedua kalinya, mudah-mudahan tahun depan bisa ditingkatkan lagi untuk meraih predikat utama,” tambahnya.

Sebelumnya Kabupaten Kepulauan Meranti pernah menerima penghargaan KLA untuk kategori Pratama pada tahun 2019 dan 2021, kategori Nindya pada tahun 2022 yaitu naik dua peringkat dari tahun sebelumnya dan pada tahun 2023 kembali mendapatkan penghargaan predikat Nindya .

KLA merupakan pembangunan kabupaten/kota yang mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak.

Penghargaan ini diberikan atas komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan kebijakan Kabupaten Layak Anak melalui pemenuhan 24 indikator dan 5 Klaster KLA yaitu Hak Sipil Kebebasan; Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif; Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan; Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya; dan Perlindungan Khusus.

Turut hadir mendampingi Plt Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar, Plt. Kadis Sosial P3AP2KB Kabupaten Kepulauan Meranti Sukri, dan Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfotik Dody Hamdani.

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: