Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Friday 17th September 2021

Pemerintah Kota Dumai Melalui Dinas PMPTSP Lakukan Peninjauan dan Peliputan Untuk Mempromosikan Produk-produk Khas dan Unggulan Kota Dumai

Pemerintah Kota  Dumai Melalui Dinas PMPTSP Lakukan Peninjauan dan Peliputan Untuk Mempromosikan Produk-produk Khas dan Unggulan Kota Dumai

DUMAI,LensaNews.net– Pemerintah Kota Dumai melalui Tim Promosi Investasi Dinas PMPTSP melanjutkan agenda peninjauan dan peliputan untuk mempromosikan produk-produk khas dan unggulan Kota Dumai.

Tim Promosi Investasi hari ini mengunjungi beberapa UMKM, diantaranya Usaha Dendeng Daun Ubi Ernawati yang beralamat di Jalan Abdurrab Khan Gang Saudara KM. 6, Kelurahan Bukit Timah. Rabu, 21 April 2021.

Menurut pemilik usahanya, Ernawati, Dendeng Daun Ubi merupakan salah satu produk unggulannya yang pertama kali hadir di Kota Dumai. Produk dendeng ini rasanya mirip dengan dendeng daging pada umumnya, siapa yang memakannya tidak mengetahui dan menyadari secara langsung bahwa dendeng terbuat dari daun ubi dan menyangka produk ini adalah dendeng daging.

Selain itu, keunggulan lainnya dari produk dendeng daun ubi adalah kering dan tidak berminyak, sehingga aman jika disimpan dalam waktu yang lama.

Selanjutnya, pada kesempatan ini tim promosi investasi juga mengunjungi Usaha Bersama Wagini yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Kampung Sejati, Kelurahan Bangsal Aceh. Produk unggulan dari Usaha Bersama ini adalah Dodol Nenas khas Kota Dumai yang terbuat dari nenas asli dan bahan lainnya.

Nenas merupakan salah satu komoditi khas yang banyak ditemui di Kota Dumai. Pengolahan dari bahan segar menjadi produk dodol merupakan inovasi yang menarik, karena dapat menaikan nilai jual setelah diolah menjadi produk-produk yang dapat disimpan lama dengan cita rasa berbeda dari bahan dasarnya.

Dengan melimpahnya panen buah Nenas di Kota Dumai ini mendorong Wagini (pengusaha dodol nenas) untuk mencoba mengolah nenas menjadi produk yang mempunyai nilai jual lebih tinggi sehingga tidak hanya dimakan begitu saja.

Selain Dodol Nenas, usaha ini juga menjual produk lainnya seperti kacang tojen, keripik pisang caramel dan keripik peyek serta produk lainnya.

Kegiatan ini dikoordinir oleh Kabid Promosi, Kerjasama, Data dan Informasi Investasi DPMPTSP Kota Dumai Tri juni wong bersama Kabid Pengawasan, Pengendalian dan Pengaduan Investasi dan Perizinan Wan Nurhakmi, dan diikuti Kasi Pengembangan UMKM Wil Subandi dan Kasi Data dan Informasi Investasi DPMPTSP Siti Suryani.

 

Sumber : Diskominfo Dumai

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: