Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Thursday 16th May 2024

PT.AbdI Budi Mulia Teluk Panji Banyak Berbena Kepada Masyarakat Sekitar

PT.AbdI Budi Mulia Teluk Panji Banyak Berbena Kepada Masyarakat Sekitar

Labusel,LENSA NEWS

Perusahaan PT.Abdi Budi Mulia yang berkecimpung dalam bidang perkebunan dan pabrik kelapa sawit yang sudah 30 tahun lebih beroperasi memberikan bantuan berupa material baik itu tanah timbun ataupun bahan bekas sisa pembakaran kerak Boiler pabrik kelapa sawit guna menimbun halaman Sekolah SDN 27 Teluk Panji IV
Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu program tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan kepada stakeholders dan pihak-pihak lain yang berkepentingan, termasuk masyarakat. Kegiatan CSR ini bisa mencakup banyak bidang, seperti ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Bagi perusahaan, kegiatan CSR bersifat umum sangat diperlukan karena ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Di antaranya adalah membangun citra yang positif, kedekatkan perusahaan dengan masyarakat sekitar, serta meningkatkan kepercayaan konsumen kepada perusahaan (Enviroment) Berikut ini adalah contoh-contoh kegiatan CSR yang bisa diterapkan oleh perusahaan.

4 Jenis bidang CSR:
Seperti yang sempat disinggung di atas, pelaksanaan kegiatan CSR ini bisa mencakup banyak bidang. Supaya lebih jelas, ini dia penjelasan beberapa bidang CSR yang bisa dipilih:

1. Bidang lingkungan hidup
Di bidang ini, perusahaan bisa berkontribusi menjaga lingkungan hidup dengan melakukan program penanaman pohon (Go Green) atau pengelolaan limbah.

2. Bidang pendidikan
Pendidikan merupakan hal yang penting. Untuk itulah kegiatan CSR seperti program pemberian beasiswa di lingkungan perusahaan atau pelatihan di bidang ini juga sangat diperlukan.

3. Bidang kesehatan dan keselamatan
Contoh kegiatan CSR perusahaan di bidang ini bisa berupa program donor darah,seperti kemarin vaksinasi Covid-19, hingga pengobatan gratis bagi warga kurang mampu.

4. Bidang pemberdayaan masyarakat
Bidang pemberdayaan masyarakat ini biasanya mengacu pada pelatihan keterampilan supaya masyarakat dapat memiliki ilmu baru dan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Contohnya bisa seperti melakukan pelatihan untuk meningkatan skill kewirausahaan hingga mengajarkan kemampuan lain untuk dijadikan mata pencaharian.

Jenis-jenis kegiatan CSR
Selain jenis-jenis bidang yang telah disebutkan di atas, ada juga beberapa jenis kegiatan CSR menurut Staff PT Abdi Budi Mulia mewakili perusahaan “Jannar Abeahan” di antaranya:

Tumpukan kerak Boiler tinggal diserak dengan alat berat gleder

1. Cause Promotions
Jenis yang pertama ini bertujuan untuk membantu meningkatkan awareness (kesadaran) masyarakat akan suatu masalah sosial atau cause yang ingin diangkat oleh perusahaan. Dengan demikian, masyarakat akan terdorong untuk ikut berpartisipasi mendukung masalah sosial ini.

Selain sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan kepada pihak yang terkait, kegiatan ini juga bisa dijadikan sebagai sarana promosi. Perusahaan akan mengeluarkan sejumlah kriteria atau sumber daya lain sebagai bentuk kontribusinya, sehingga masyarakat akan makin mengenal produksi dari minyak kelapa sawit yaitu Crude Palm Oil(CPO).

2. Cause Related Marketing
Jenis kegiatan CSR ini adalah bentuk komitmen suatu perusahaan untuk menyumbangkan sejumlah tertentu dari keuntungan yang diterima dalam suatu kegiatan sosial. Hasil yang terkumpul akan diserahkan pada pihak tertentu, yang kemudian bisa digunakan untuk melakukan pembangunan di area tersebut.

Perusahaan bisa memperoleh banyak pelanggan baru dengan melakukan program ini, penjualan yang meningkat, serta membangun citra positif bagi masyarakat sekitar.

3. Corporate Social Marketing
Jenis program ketiga ini adalah kampanye perusahaan yang memiliki tujuan akhir untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik. Perubahan ini mencakup kesehatan dan keselamatan publik, kelestarian lingkungan hidup, sekaligus kesejahteraan masyarakat.

4. Corporate Philanthropy
Perusahaan yang melakukan program Corporate Philanthropy akan memberikan secara cuma-cuma sebagian dari kekayaannya, atau dengan kata lain, sumbangan kepada masyarakat. Kegiatan CSR ini adalah bentuk terima kasih perusahaan atas kontribusi masyarakat, sehingga biasanya bentuk sumbangannya adalah tunai.

Reputasi perusahaan tentu akan meningkat dengan dilakukannya program ini. Citra yang baik juga bisa berpengaruh perusahaan itu sendiri.

bantuan yang berbentuk material dan alat berat cukup membantu SDN 27 Kepala sekolah Ernida Siregar SPd melalui media Online “Lensa News” ini mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan yang diberikan kepada kami dari PT ABDI BUDI MULIA atas sumbangsi dan kontribusinya saya ucapkan terima kasih yang begitu banyak semoga perusahaan PT ABM semakin maju jaya dan banyak produksinya dan berguna bagi Karyawan dan masyarakat sekitarnya “Ucapnya.

Penulis : Muklas

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: