Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Thursday 16th May 2024

Semarak Imlek 2573 Kongzili Tahun 2022, Kota Dumai Gelar Lomba Lampion

Semarak Imlek 2573 Kongzili Tahun 2022, Kota Dumai Gelar Lomba Lampion

DUMAI, LENSA NEWS

Sempena Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili Tahun 2022, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Dumai bersama Pemerintah Kota (Pemko) Dumai dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar Lomba Lampion Kota Dumai Tahun 2022, Selasa (1/2).

Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Syahrinaldi, S.Sos, M.Si, Kepala Disdikbud Kota Dumai Hj. Yusmanidar, S.Sos, M.Si meninjau langsung kelapangan proses penilaian yang dilakukan oleh para dewan juri.

Yusmanidar mengungkapkan bahwa Festival Lampion 2022 diikuti oleh warga Tionghoa Dumai sebanyak kurang lebih 20 peserta.

“Penilaian dilakukan langsung oleh tim juri dari Disdikbud, PSMTI Kota Dumai, dan Dewan Kesenian Dumai berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan, yaitu keindahan, keamanan, dan kerapian,” ucapnya.

Lanjutnya, rute yang ditempuh oleh tim penilai dimulai dari Jl. Budi Kemuliaan, Jl. Nelayan Jl. Sultan Hasanudin (Ombak). Kemudian ke Jl. Pinang, JI. Pepaya, Jl. Jeruk, Jl. Sukajadi, dan berakhir di Jl. Nangka.

Pada kesempatan ini, Wali Kota Dumai, H. Paisal mengapresiasi kegiatan yang digelar untuk memeriahkan perayaan tahun baru masyarakat etnis Tionghoa.

“Alhamdulillah, beberapa titik penilaian telah kami lihat bersama para dewan juri. Saya akui memang antusias peserta patut mendapatkan acungan jempol,” tutur Wali Kota Dumai.

Ia menambahkan, sudah dua tahun semarak dari peringatan hari-hari besar yang salah satunya perayaan Tahun Baru Imlek tidak ada atau terkesan kurang semarak dikarenakan Pandemi Covid-19.

“Karena Kota Dumai saat ini berada di level I, kita hanya ingin ada lah sedikit penanda bahwasannya saat ini Imlek. Semua harus bisa menikmati dan salah satu caranya yaitu Penilaian Lomba Lampion,” ucapnya.

Pesannya, walau saat ini kondisi Dumai sedang baik bukan berarti mengabaikan protokol kesehatan anjuran pemerintah.

Sumber (diskominfo)

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: