Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Monday 26th February 2024

51 Warga Binaan Rutan Dumai Terima Remisi Khusus Natal Tahun 2023

51 Warga Binaan Rutan Dumai Terima Remisi Khusus Natal Tahun 2023

Dumai, LENSA NEWS

Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Dumai Kanwil Kemenkumham Riau memberikan Remisi Khusus (RK) Natal kepada 51 Warga Binaan Umat Nasrani pada Hari Natal Tahun 2023, Senin (25/12).

Dari jumlah tersebut, Warga Binaan yang menerima RK I atau pengurangan sebagian dengan rincian 1 orang menerima remisi 2 bulan, 3 orang menerima remisi 1 bulan 15 hari, 32 orang menerima remisi 1 bulan, 15 orang menerima remisi 15 hari dan 1 orang menerima RK II atau langsung bebas.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly, menerangkan pengurangan masa pidana ini dimaknai sebagai penghargaan bagi narapidana yang dinilai telah mencapai penyadaran diri, tercermin dalam sikap dan perilaku sesuai dengan norma agama dan sosial yang berlaku. Kepada para penerima remisi, ia mengucapkan selamat.

“Selamat kepada seluruh narapidana yang pada hari ini mendapatkan remisi, khususnya bagi narapidana yang bebas hari ini. Saya mengingatkan agar saudara dapat menunjukkan perilaku yang baik di tengah-tengah masyarakat,” pesan Karutan Dumai, Bastian Manalu saat membacakan amanat Menkumham, Yasonna H. Laoly dalam acara penyerahan remisi Natal yang berlangsung di Gereja Oukumene Rutan Dumai.

Karutan mengatakan remisi diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, seperti telah menjalani pidana minimal 6 bulan, tidak terdaftar pada register F, serta turut aktif mengikuti program pembinaan di Rutan Dumai.

Pemberian remisi atau pengurangan masa pidana diberikan kepada narapidana sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak WBP. ***

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: