Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Friday 26th July 2024

Dana BOS, Perkumpulan PENJARA Labuhanbatu Raya Dumaskan Kepsek SMAN 1 Kotapinang Labusel

Dana BOS, Perkumpulan PENJARA Labuhanbatu Raya Dumaskan Kepsek SMAN 1 Kotapinang Labusel

Labusel,LENSA NEWS

Perkumpulan Penjara Labuhanbatu Raya membuat aduan masyarakat (Dumas) terkait dugaan penyelewengan Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) SMAN 1 Kotapinang, ke Kejari (Kejaksaan Negeri) Labuhanbatu Selatan, Senin (13/11/2023).

Hal ini disampaikan Hendra Harahap selaku Ketua DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Perkumpulan PENJARA Labuhanbatu Raya disalahsatu Warung kopi dibilangan Kotapinang, Labuhanbatu Selatan, Kamis (16/11/2023).

Disampaikannya, Program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk memberikan dukungan keuangan kepada sekolah-sekolah di seluruh tingkatan, mulai dari SD, SMP hingga SMA atau sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan menyediakan dana yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan operasional sekolah masih saja banyak disalahgunakan oleh oknum-oknum yang mencari kesempatan.

“Dalam hal ini, dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) menjadi target utama untuk praktik-praktik yang merugikan, mirip dengan tindakan penggelembungan harga dalam Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ).

Sambungnya, untuk SMAN 1 Kotapinang, kami menemukan perbedaan data antara keterangan Kepsek (Kepala Sekolah) Inisial T sebagai pengguna anggaran dengan data yang kami peroleh dalam hal pembayaran guru honor, administrasi sekolah, pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah.

“Praktik penyelewengan ini mencakup berbagai bentuk, seperti memanipulasi laporan untuk membuatnya terlihat bahwa dana telah digunakan sesuai dengan aturan, sementara sebenarnya digunakan untuk kepentingan pribadi, oleh sebab itu kami meminta Pihak Kejari Labusel agar segera menindaklanjuti Dumas kami ini, ” tegas Hendra.(Mk)

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: