Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Saturday 15th June 2024

Dr. Sri Odit Megonondo, Pengganti Kepala Kejari Bengkalis, Berpengalaman Tangani Kasus Besar di Riau

Dr. Sri Odit Megonondo, Pengganti Kepala Kejari Bengkalis, Berpengalaman Tangani Kasus Besar di Riau
Bengkalis, LENSA NEWS
 Dr. Sri Odit Megonondo, yang baru diangkat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkalis, memiliki rekam jejak yang mengesankan dengan pengalaman menangani sejumlah kasus besar di Provinsi Riau. Sebelum menjabat posisi ini, Dr. Odit pernah menduduki berbagai jabatan penting, termasuk Kasi Intel Kejaksaan Negeri Rokan Hilir dan Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) di Kejaksaan Negeri Kota Pekanbaru pada tahun 2018.

Selama masa jabatannya sebagai Kasipidsus di Pekanbaru, Dr. Odit berhasil menangani sejumlah kasus korupsi besar, seperti dugaan korupsi kredit fiktif di BRI Agro Cabang Pekanbaru dan Dinas PUPR Pekanbaru. Ia juga berhasil menangkap buronan kasus mafia BBM bernilai triliunan di Tanjung Benoa, Bali, serta menahan tiga tersangka dokter RSUD Riau dan dua pengusaha dalam kasus korupsi alat kesehatan yang merugikan negara sebesar Rp5 miliar. Berkat keberhasilannya, Kejaksaan Negeri Kota Pekanbaru meraih peringkat pertama terbaik dalam penanganan korupsi untuk Tipe A di seluruh Indonesia pada tahun 2018.

Karir Dr. Odit terus menanjak saat ia dipromosikan sebagai Kasi Penyidikan di Bagian Pidsus Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dan kemudian sebagai Koordinator Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah sejak tahun 2022. Melalui surat keputusan Jaksa Agung RI Nomor: KEP-IV-523/C/05/2024 pada tanggal 21 Mei 2024, Dr. Odit diangkat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis, menggantikan Zainur Arifin Syah yang kini menjabat sebagai Kajari Negeri Tabanan.

Bagi Dr. Odit, Kabupaten Bengkalis bukanlah daerah yang asing. Ia memiliki sejarah panjang di sana, memulai karirnya sebagai Jaksa Fungsional di Kejaksaan Negeri Bengkalis. Pelantikan Dr. Odit sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis akan segera dilaksanakan di Kejaksaan Tinggi Riau.

Selain pergantian Kepala Kejaksaan Negeri, pejabat lain di Kejaksaan Negeri Bengkalis juga mengalami rotasi. Hengki Munthe menggantikan Nofrizal sebagai Kasi Pidana Khusus, sementara Nofrizal dipindahkan sebagai Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Agam, Sumbar. Muhammad Juriko Wibisono, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (Kasi B3R), dipromosikan sebagai Kasi Pidana Khusus di Kejaksaan Negeri Siak.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Bengkalis, Herdianto, mengkonfirmasi pergantian ini dan menyebutkan bahwa serah terima jabatan dua Kepala Seksi akan dilaksanakan minggu depan di Kantor Kejaksaan Negeri Bengkalis.

“Jika tidak ada halangan, dua jabatan Kepala Seksi Kejaksaan Negeri Bengkalis akan diserahterimakan minggu depan, yang akan digelar di kantor Kejaksaan Negeri Bengkalis oleh Bapak Kajari Zainur,” ujar Herdianto.

Dengan pengalaman dan rekam jejak yang solid, diharapkan Dr. Sri Odit Megonondo akan membawa kemajuan signifikan dalam penegakan hukum di Kabupaten Bengkalis.

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: