Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Monday 16th May 2022

Hadiri Rakor Secara Virtual Bersama Presiden RI, Sekdako Dumai: Kuncinya Prokes

Hadiri Rakor Secara Virtual Bersama Presiden RI, Sekdako Dumai: Kuncinya Prokes

DUMAI, LENSA NEWS

Wali Kota Dumai, dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Dumai, H. Indra Gunawan, S.IP, M.Si menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Arahan Presiden secara Virtual, bertempat di VIP Balai Sri Bunga Tanjung, Senin (25/10/2021).

Rakor yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melalui aplikasi zoom meeting ini turut dihadiri oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, Wakil Presiden RI, Panglima TNI/Polri, Jaksa Agung, Sekretaris Kabinet, para Menteri dan Seluruh Kepala Daerah baik Gubernur, Bupati, dan Walikota se Indonesia, serta Forkopimda Provinsi, Kabupaten/Kota se Indonesia.

Ir. H. Joko Widodo dalam arahannya mengatakan, bed occupancy rate (BOR) dan positive rate Covid-19 Indonesia saat ini berada dibawah standar yang ditetapkan oleh World Health Organisation (WHO) yang berarti Status Covid 19 Indonesia rendah dan berada diposisi yang baik.

“Tetapi keadaan seperti ini jangan membuat kita lengah karena pandemi belum berakhir,” ucapnya.

Beliau memaparkan data terkait perkembangan kasus positif harian Covid-19 dalam 4 hari terakhir mengalami penurunan drastis, yaitu pada tanggal 22 Oktober hanya berjumlah 760, 23 Oktober berjumlah 802, 24 Oktober 623, dan hari ini hanya 460.

“Memang, jika dibandingkan pada puncak kasus positif beberapa waktu lalu yang mencapai hingga 56.000, data tersebut merupakan angka yang kecil sekali. Tetapi hati -hati, tren dunia dalam minggu ini semua negara mengalami kenaikan. sebagai contoh di Eropa mengalami kenaikan hingga 23 persen, di Amerika kenaikan hingga 13 persen,” tuturnya.

Lanjutnya, kenaikan tren ini disebabkan oleh 3 hal. Pertama karena rileksasi yang terlalu cepat, tidak mengikuti prosedur atau tahapan yang telah ditetapkan WHO. Kedua yaitu penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) yang tidak disiplin lagi.

Sumber: Diskominfo

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: