Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Friday 26th July 2024

Kecelakaan Kerja di KID Sudah Berulang Terjadi, Disnaker Minta PT Wilmar Siapkan Tenaga Pengawas K3

Kecelakaan Kerja di KID Sudah Berulang Terjadi, Disnaker Minta PT Wilmar Siapkan Tenaga Pengawas K3

DUMAI,LensaNews.net– Tidak hanya kali ini, kecelakaan kerja di Kawasan Industri Dumai (KID) PT Wilmar Dumai Pelintung sudah pernah terjadi sebelumnya dan memakan korban jiwa.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigarasi (Disnakertrans) Kota Dumai meminta pihak perusahaan menyiapkan tenaga pengawasan K3 agar hal serupa tidak terjadi.

Diberitakan sebelumnya, dua tenaga kerja sub kontraktor PT Wilmar Dumai Pelintung mengalami kecelakaan kerja dan meninggal dunia akibat terjatuh. Korban meninggal dunia bernama Suhendri (39) dan M. Aris Sofyan (36).

Korban Suhendri mengalami kecelakaan ketika mengeluarkan tray splitter untuk di-cleaning, meninggal dunia di RSUD setempat. Sementara M. Haris Sofyan meninggal dunia di lokasi kerja setelah terjatuh.

Atas kejadian itu, Kepala Disnakertrans Dumai Satrio Wibowo meminta pihak perusahaan untuk menyiapkan petugas yang secara khusus mengawasi kesehatan dan keselamatan kerja (K3) sebagai bentuk pencegahan terjadinya kecelakaan kerja lagi.

“Kita minta ada petugas pengawas K3 untuk melakukan pengawasan dilapangan, apalagi pekerja di ketinggian butuh pengawasan yang ketat karena risiko kerja di ketinggian juga besar,” kata Satria Wibowo, Senin kemarin (19/7/2021).

Menteri Ketenagakerjaan juga mengeluarkan Peraturan No 9 tahun 2016 mengatur tentang K3 Pekerjaan di Ketinggian.

Permenaker mewajibkan kepada pengusaha untuk menerapkan K3 dalam bekerja di ketinggian.

Sementara, Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Persyaratan Kerja Disnakertrans Dumai, Irwan menambahkan, PT Wilmar Dumai Pelintung juga tidak pernah melaporkan sub kontraktor atas nama PT Dwina Utama, dan baru melapor setelah ada insiden kecelakaan kerja.

“Padahal dalam Permenaker Nomor 19 Tahun 2012 tentang Syarat-Syarat Penyerahan Sebagian Pelaksanaan Pekerjaan kepada Perusahaan Lain, pemberi kerja (Wilmar Group Dumai) seharusnya melapor ke Disnaker Dumai,” kata Irwan.

“Pihak PT Dwina Utama sudah kita panggil, hasil wawancara perusahaan tersebut belum begitu mengerti tentang K3. Untuk itu kami berharap Wilmar Dumai Pelintung yang merupakan perusahaan pemberi kerja ikut melakukan pengawasan K3 terhadap jalannya pekerjaan khususnya pekerjaan di atas ketinggian yang berisiko tinggi, untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja,” pungkasnya.

Sementara Humas Wilmal Dumai Pelintung, Marwan Anugerah saat dikonfirmasi terkait dugaan tidak adanya pengawasan K3 hingga mengakibatkan Kecelakaan Kerja, belum menjawab.

 

Sumber : Halloriau.com

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: