Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Thursday 11th August 2022

Kukuhkan Forikan Kota Dumai Periode 2021-2024, H. Paisal: Wujudkan SDM Berkualitas Sekaligus Peningkatan Ekonomi di Sektor Perikanan

Kukuhkan Forikan Kota Dumai Periode 2021-2024, H. Paisal: Wujudkan SDM Berkualitas Sekaligus Peningkatan Ekonomi di Sektor Perikanan

DUMAI, LENSA NEWS

Bertempat di Balai Sri Bunga Tanjung, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Dumai Masa Bhakti Tahun 2021-2024 resmi dilantik secara langsung oleh Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS, Senin (20/12/2021).

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 856 Tentang Pembentukan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Dumai Tahun 2021-2024, Hj. Leni Ramaini SKM dilantik sebagai Ketua Umum Forikan Kota Dumai.

Sesuai SK yang dibacakan, jabatan Ketua Harian Forikan yaitu Hj. Jufrida, Wakil Ketua I drg. Hermiyati, Wakil Ketua II Hj. Yusmanidar, S.Sos, M.Si, Sekretaris Ir. Devisri, dan Bendahara Tri Iriani, S.Pi.

Wali Kota Dumai, H. Paisal dalam sambutannya mendukung penuh dan mengucapkan tahniah atas dilantiknya Forikan Kota Dumai Tahun 2021.

“Perbaikan gizi melalui konsumsi ikan akan berdampak langsung kepada perbaikan kualitas sumber daya manusia sekaligus peningkatan ekonomi para pihak yang terlibat. Melalui Forikan, diharapkan nantinya menjadi motor penggerak dalam memasyarakatkan gemar makan ikan,” ucap Wali Kota Dumai.

Ia menghimbau agar pengukuhan ini tidak hanya sebatas seremonial, namun dibuktikan dengan kerja nyata Forikan Kota Dumai terhadap peningkatan konsumsi ikan yang pada akhirnya mampu mengubah pola fikir dan prilaku masyarakat Kota Dumai untuk mengkonsumsi ikan demi terwujudnya SDM yang berkualitas sekaligus peningkatan ekonomi para pihak yang terlibat.

Sebelumnya, Plt. Kepala Dinas Perikanan Kota Dumai, Mukhlis Suzantri, S. Hut. T, MT dalam laporannya mengatakan bahwa pengukuhan ini diselenggarakan berdasarkan Keputusan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Nomor KEP.91/MEN/2021 tentang Forum Peningkatan Konsumsi Ikan, Keputusan Gubernur Riau Nomor Kpts.609/IX/2014 tentang Forikan Provinsi Riau Periode 2017-2014.

“Tujuan pembetukan Forikan ini yaitu untuk menyatukan gerak dan langkah semua unsur yang terkait serta pertanggungjawaban terhadap suksesnya Gerakan Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Gemarikan) di Kota Dumai,” ungkapnya.

Tambahnya, dengan dilantiknya pengurus Forikan Kota Dumai, diharapkan nantinya ditingkat kecamatan segera dibentuk juga kepengurusan Forikan Tingkat Kecamatan.

Disisi lain, Ketua Umum Forikan Kota Dumai yang baru saja dilantik, Hj. Leni Ramaini, SKM mengatakan pengukuhan ini merupakan suatu kebahagian sekaligus tantangan bagi Forikan Kota Dumai

“Saya menyadari bahwa untuk mengatasi kendala dan kelemahan yang dimiliki serta mengembangkan dan mengoptimalkan seluruh kemampuan, tak ada yang dapat
dicapai melainkan dengan berkerja lebih giat dan bersinergi bersama dalam upaya yang kongkrit,” katanya.

Maka dari itu, ia beserta para pengurus Forikan Kota Dumai sangat membutuhkan dukungan dan peran serta dari Pemerintah Daerah dan tokoh masyarakat, khususnya para ibu-ibu yang sangat diharapkan sekali agar bisa berdaya untuk mensejahterakan keluarganya.

“Saya mengajak kepada kita semua untuk tetap gencar mengkampanyekan tentang gerakan makan ikan (Gemarikan). Agar ikan harus tetap menjadi pilihan lauk utama yang menjadi santapan keluarga. Dengan menciptakan menu-menu baru yang bervariasi mengolah makanan dari bahan ikan, sehingga keluarga tidak bosan dan justru akan semakin tinggi minat untuk makan ikan,” pungkasnya.

Turut hadir pada acara pengukuhan, Sekretaris Daerah Kota Dumai, H. Indra Gunawan, S.IP, M.Si, Kepala OPD dan Kepala Badan di Lingkungan Pemko Dumai serta Camat se Kota Dumai.

Sumber : Diskominfo

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: