Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Monday 20th September 2021

Pasien Covid-19 Melonjak, RSUD Kota Dumai Dirikan Tenda Darurat

Pasien Covid-19 Melonjak, RSUD Kota Dumai Dirikan Tenda Darurat

DUMAI, LensaNews.net – Selasa ( 27/7/2021) RSUD kota Dumai mendirikan dua tenda darurat tepatnya didepan IGD RSUD Dumai guna menampung pasien yang datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan karena ruang perawatan covid – 19 di RSUD kota Dumai terisi penuh sejak sepekan terakhir.

Tenda darurat yang didirikan di RSUD Dumai adalah milik BPBD Dumai yang berkapasitas 10 tempat tidur dan menurut Pantauan awak media di lapangan tempat tidur yang terisi baru sekitar 15.

Drg Ridhonaldi selaku Direktur RSUD Dumai, menjelaskan, tenda darurat tersebut untuk mengatasi terjadinya kelebihan kapasitas ruang rawat inap di RSUD Dumai, baik itu untuk pasien umum maupun pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Diakuinya, sepekan belakangan ini, angka penderita Covid-19 mengalami peningkatan yang signifikan, sehingga berakibat penuhnya ruang rawat inap khususnya ruang rawat inap bagi pasien Covid-19.

“Sebelumnya, kami mengambil kebijakan menggunakan ruang IGD sebagai cadangan. Namun itu pun sudah penuh, lalu kami mendirikan tenda darurat,” ujar Ridhonaldi.

Dijelaskannya, RSUD Dumai sudah menyiapkan 72 ruangan rawat inap pasien Covid-19 dan 7 tempat tidur bagi pasien Covid-19 yang butuh perawatan intensif di ICU.

“Jumlah tersebut masih kurang karena jumlah pasien terus meningkat dan kami tak bisa menolak pasien yang memerlukan perawatan di RSUD Dumai. Sebagai alternatif, kami dirikan tenda darurat di depan ruang IGD,” ungkapnya.

Ridho menambahkan karena banyaknya pasien yang minta dirawat oleh karena itu tenda darurat ini didirikan untuk pasien apabila ruangan di Rumah Sakit sudah ada yang kosong pasien yang ada ditenda akan di pindahkan Sebab, jika dipaksakan masuk ke IGD dikhawatirkan ruangan tersebut tidak mampu lagi menampung pasien yang datang jadi ini adalah sebagai mengantisipasi berdatangan nya pasien baru dan pasien yang ada ditenda darurat ini akan mendapatkan perawatan yang sama dengan pasien lainnya, imbuhnya.

Melihat kondisi Covid – 19 yang mengalami peningkatan diharapkan kepada masyarakat bisa mendukung untuk betul betul mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah dan selalu menjaga kesehatan, pungkasnya.

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: