Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Tuesday 26th October 2021

Tim Pengabdian Masyarakat Kukerta Balek Kampung UNRI Adakan Pelatihan

Tim Pengabdian Masyarakat Kukerta Balek Kampung UNRI Adakan Pelatihan

DUMAI, LensaNews,

Tim pengabdian masyarakat Kuliah Kerja Nyata Balek Kampung dari Universitas Riau adakan kegiatan pelatihan pengolahan ikan menjadi kerupuk. Kegiatan diadakan pada Minggu (26/09/2021) sore dihadiri kelompok ibu PKK Kelurahan Laksamana, ibu RT 04 dan masyarakat lainnya.

Selama Pandemi Covid-19 masyarakat dibatasi melakukan kegiatan yang mengundang kerumunan. Adanya pelatihan yang digelar Tim Kukerta Laksamana disambut baik masyarakat dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan, serta tidak melebihi 15 orang yang hadir.

Kegiatan bermula dari survei yang dilakukan Tim Kukerta, dengan melihat lingkungan Laksamana berdekatan dengan laut, serta adanya nelayan didaerah tersebut. Tapi, yang disayangkan tidak adanya kelompok nelayan di daerah itu. Salah satu kendalanya adalah karena tidak banyak masyarakat yang bekerja sebagai nelayan sehingga tidak cukup orang, jika dijadikan kelompok nelayan.

Dengan memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia, tim Kukerta Laksamana mengolah ikan Duri dari hasil tangkapan nelayan setempat dan selanjutnya melakukan diskusi pembuatan resep bersama salah seorang penduduk di RT 04 Kelurahan Laksamana yang memiliki keahlian dalam membuat kerupuk ikan.

Adapun bahan utama yang diperlukan adalah ikan Duri dan tepung tapioka. Dibuat menjadi adonan, lalu dikukus dan didiamkan semalaman, setelah itu dilakukan penjemuran kerupuk hingga 2 hari agar kerupuk dapat digoreng dengan sempurna.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan agar masyarakat dapat mengembangkan sebagai usaha dan menjadi produk unggulan di Kelurahan Laksamana.

(RHS)

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: