Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Thursday 11th August 2022

Tingkatkan Layanan JKN-KIS, Pemko dan BPJS Kesehatan MoU

Tingkatkan Layanan JKN-KIS, Pemko dan BPJS Kesehatan MoU

DUMAI, LENSA NEWS

Demi peningkatan layanan JKN-KIS kepada masyarakat, Pemko dan BPJS Kesehatan Kota Dumai lakukan MoU, Senin (20/12/2021) di ruang rapat Kantor BPJS Kesehatan Kota Dumai, Jln Sudirman Kecamatan Dumai Kota.

Kerjasama terkait tindak lanjut peraturan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) mengenai optimalisasi program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

JKN-KIS adalah program pelayanan kesehatan dari pemerintah berwujud BPJS dan menggunakan sistem asuransi. Semua masyarakat kurang mampu atau PBI (Penerima Bantuan Iuran) akan ditanggung kesehatannya oleh pemerintah.

Walikota Dumai H. Paisal, SKM., MARS., dalam kesempatan menyampaikan, dengan penandatangan MoU dapat mengurangi beban masyarakat yang kurang mampu untuk mendapat pelayanan kesehatan.

“Dengan penandatangan MoU, dapat mengurangi beban masyarakat yang kurang mampu untuk mendapat pelayanan kesehatan lebih maksimal, sehingga permasalahan-permasalahan yang ada di Rumah Sakit terkait pasien BPJS dapat tertangani,” harapnya.

Kepala BPJS Harie Wibhawa dalam sambutannya mengatakan, Nota Kesepakan merupakan tindak lanjut dari Permendagri No. 22 Tahun 2021 mengenai perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Daerah.

“Untuk penduduk yang didaftarkan Pemerintah Kota dalam JKS wajib didasari nota kesepakatan dengan Pimpinan Daerah (Walikota Paisal,red) sebagai tindak lanjut Pemerintah Daerah terhadap program nasional. Kita juga melaksanakan perjanjian kerjasama Dengan Dinas Kesehatan, yakni kuota penerima kartu JKS tersebut,” ucapnya.

“Cakupan peserta JKN Kota Dumai 278.854 (86.31%) dari jumlah penduduk 323.090 jiwa. Jumlah peserta Penerima Bantuan Iuran APBN 75.906, PBI APBD 89.392, jadi total 165.298 peserta iurannya dibantu Pemerintah Kota,” ungkap Harie.

Acara ditutup dengan penandatanganan Mou antara Walikota Paisal dan BPJS Kesehatan serta penyerahan secara simbolis kartu BPJS Kesehatan oleh Walikota kepada masyarakat penerima Program JKN.

Turut hadir dalam Penandatanganan MoU, Kepala Dinas Kesehatan beserta para Kabid serta masyarakat penerima Program Kartu JKN-KIS.

(RHS)

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: