Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Monday 26th February 2024

Kabupaten Labuhanbatu Selatan Masuk Zona Merah Pelayanan Publik di Tahun 2022

Kabupaten Labuhanbatu Selatan Masuk Zona Merah Pelayanan Publik di Tahun 2022

Foto bersama awak media dengan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sumut Abyadi Siregar usai konfirmasi.

Labusel,LENSA NEWS

Kabupaten Labuhanbatu Selatan masuk dalam zona merah kategori D atau masuk kategori berkualitas rendah dengan nilai 52,68% dari hasil penilaian Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara terhadap penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2022 lalu. Penilaian ombudsman ini dilakukan untuk mencegah adanya maladministrasi.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sumatera Utara Abyadi Siregar menjelaskan penilaian ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya laporan berulang masyarakat terkait standar pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah.

“Kami menilai sarana prasarana, standar layanan, pengelolaan pengaduan dan melakukan wawancara untuk mengukur kompetensi pelaksana. Kami juga mewawancarai masyarakat sebagai pengguna layanan,” ungkapnya di ruang kerjanya, kawasan medan petisah, Kota Medan, Senin (14/2/2023).

Lebih jauh dijelaskannya untuk standar layanan, penilaiannya dengan pengamatan secara langsung. Sedangkan untuk kompetensi pejabat dan feedback masyarakat, dilakukan wawancara secara langsung.

Sejauh ini OPD yang dinilai oleh Ombudsman yaitu DPMPTSP (Administrasi), Dukcapil (Administrasi), Dinsos (Administrasi), Disdik (Administrasi), Dinkes (Administrasi) dan 2 Puskesmas (Jasa).

Namun demikian, pemenuhan standar layanan wajib dipenuhi oleh seluruh penyelenggara layanan sesuai UU 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,” jelas nya .

Abyadi Siregar menambahkan , pemerintah Kabupaten selatan dapat memperbaiki pelayananan publik agar peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai di kabupaten labuhanbatu selatan.

Penulis : Muklas

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: