Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Saturday 15th June 2024

Manager PLN Kotapinang Terjun Langsung Toping/Pruning Pohon Sawit Di Titi Kembar

Manager PLN Kotapinang Terjun Langsung Toping/Pruning  Pohon Sawit Di Titi Kembar

Labusel,LENSA NEWS

Manager Unit PLN Kotapinang, sukses melaksanakan kegiatan Toping/Pruning pembersihan jaringan listrik dengan melakukan penebangan pohon kelapa sawit.

Kegiatan ini dilakukan di sepanjang jalan lintas Bedagai Kota Pinang, khususnya di depan Tempat Pemakaman Umum (TPU) titi kembar Bedagai Kelurahan Kotapinang Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel). Senin, (3/6/2024).

Dimas Setyo Wibowo (Manager Unit PLN Kotapinang) dalam wawancara di lokasi kegiatan, menjelaskan bahwa pemeliharaan jaringan listrik hari ini melibatkan penebangan pohon kelapa sawit di depan TPU dan titi Bedagai.

Hal ini bertujuan untuk menghindari gangguan pada jaringan listrik yang mungkin disebabkan oleh pelepah pohon sawit yang menjuntai ke jaringan listrik yang dekat dengan Cable PLN.

Dimas S W mengatakan “terima kasih kepada masyarakat yang telah mensupport upaya PLN dalam meningkatkan pasokan listrik dan menjaga keselamatan dalam penggunaan listrik. Kontribusi masyarakat dalam menghibahkan pohon-pohon tersebut ditebang oleh petugas PLN dianggap sebagai dukungan yang sangat berarti bagi UPL distrik PLN Kotapinang “Ucapnya.

“Kami dari PLN Kota Pinang hari ini melakukan kegiatan Toping/Pruning pembersihan atau penebangan pohon sawit yang berada dekat dengan Cable jaringan listrik, yang berpotensi mengganggu aliran listrik apabila pelepahnya menyentuh kabel listrik yang dapat Conducsi breaker bisa trip dan dapat memadamkan Lampu,” kata Dimas.

Menanggapi asumsi masyarakat terkait seringnya pemadaman listrik disebabkan oleh kelebihan daya kapasitas (Over Capasity) penggunaan arus PLN, Dimas menegaskan bahwa hal tersebut tidaklah benar. Beliau menjelaskan bahwa pemadaman listrik lebih sering disebabkan oleh gangguan alam, seperti hewan atau pepohonan yang berada terlalu dekat dengan tiang dan kabel PLN, bukan karena kelebihan daya kapasitas penggunaan arus PLN.

Dengan adanya kegiatan pembersihan dan penebangan pohon yang dilakukan oleh PLN Kota Pinang diharapkan dapat meningkatkan keandalan pasokan listrik dan mencegah gangguan yang disebabkan oleh pepohonan yang berdekatan dengan jaringan listrik.

Semoga kesadaran masyarakat untuk memberikan ijin agar pepohonan maupun dahan yg dekat dengan kabel listrik dapat ditebang.

Begitu juga Mananger berharap kepada masyarakat jika ada di lingkungan, maupun di desa yang ada pemadaman segera diberikan info agar dapat dicek langsung oleh Opdis kita demi kelancaran terhadap adanya gangguan.(Red/MW)

Penulis : Muklas Wartam

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: