Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Thursday 11th August 2022

Melalui Program PTSL, Pemerintah Terus Komitmen Berikan Jaminan Hukum Tanah Masyarakat

Melalui Program PTSL, Pemerintah Terus Komitmen Berikan Jaminan Hukum Tanah Masyarakat

DUMAI, LENSA NEWS

Walikota Dumai dalam hal ini yang diwakili oleh Sekretaris Daerah kota Dumai H. Indra Gunawan, S.IP. M.Si menghadiri Penyerahan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat yang bertempat di Gedung Sri Bunga Tanjung, Senin (13/11).

Penyerahan sertifikat tanah yang merupakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dari Kementerian Agraria Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional ini dipimpin secara langsung oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan A. Djalil secara virtual yang diikuti oleh wilayah Provinsi Riau, Aceh dan Sumatera Barat.

Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini juga berguna untuk menyelesaikan sengketa-sengketa tanah yang terjadi di masyarakat sehingga kepemilikan tanah lebih jelas dan mempunyai kekuatan hukum yang tetap.

Penyerahan sertifikat ini juga bersamaan dengan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Kasus Pertanahan yang diselenggarakan oleh Kantor Pertanahan Kota Dumai.

Dalam arahannya Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan A. Djalil mengatakan bahwa program PTSL ini akan selesai secara merata di seluruh Indonesia pada tahun 2025 sehingga seluruh tanah yang ada akan mempunyai pemiliknya masing-masing.

“Saya ucapkan selamat kepada masyarakat yang telah menerima sertifikat, dengan adanya sertifikat ini masyarakat dapat lebih mengetahui lebih jelas mengenai informasi lebih lengkap mengenai tanahnya dan juga program PTSL ini dapat juga menyelesaikan sengketa-sengketa yang terjadi mengenai tanah yang ada,” sebutnya.

 

Beliau juga menyampaikan bahwa sertifikat yang diberikan agar dipergunakan dengan baik dan tanah yang ada untuk dijaga dengan baik sehingga dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah daerah yang memudahkan masyarakat untuk membuat sertifikat tanahnya, dan saya juga ucapkan kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang telah membantu sehingga Program PTSL ini dapat berjalan dengan maksimal,” ucapnya.

Turut hadir pada acara tersebut yaitu, Ketua DPRD, Forkopimda, Kepala BPN Kota Dumai, Kepala OPD, Camat, Lurah se Kota Dumai, beserta Masyarakat Penerima Sertifikat.

Sumber : Diskominfo

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: