Lensa News

Fakta, Data dan Realita

Saturday 15th June 2024

Satgas Operasi Khusus Intelmar Koarmada I Gagalkan Penyeludupan Narkoba Jenis Sabu

Satgas Operasi Khusus Intelmar Koarmada I Gagalkan Penyeludupan Narkoba Jenis Sabu

DUMAI, LENSA NEWS

Tim F1QR TNI AL Lanal Dumai dan Tim Satgas Operasi Khusus Intelmar Koarmada I berhasil gagalkan penyeludupan narkoba jenis Sabu-sabu di pantai Desa Buruk Bakul Kec. Bukit Batu Kabupaten Bengkalis Prov. Riau, Rabu (03/11/) 04.00 WIB.

Sebelumnya, berdasar informasi di lapangan, akan ada rencana penyeludupan narkoba jenis sabu-sabu melalui jalur laut di sekitar perairan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Dari informasi tersebut, Selasa (02/11), Tim F1QR TNI AL Lanal Dumai dan Tim Satgas Operasi Khusus Intelmar Koarmada I melaksanakan pengintaian dan penyekatan di lokasi.

Tim gabungan kemudian melakukan pengengendapan di pantai terhadap pelaku yang menerima barang dari laut dan berhasil mengamankan 1 orang tersangka serta beberapa bungkus kemasan teh China dan 1 bungkus hitam, sedangkan 1 orang lain nya berhasil melolos kan diri dari pengejaran ke arah hutan Bakau.

Hasil pengecekan terhadap Barang Bukti (BB) yang di amankan, terdapat 14 bungkus kemasan teh China dan 1 bungkus hitam beserta barang milik pelaku lainnya. Selanjutnya tersangka dan BB di bawa ke Mako Lanal Dumai.

BB dan Tersangka :
1. 1 orang Pelaku inisial HM (45)
2. 14 bungkus kemasan teh China dan 1 bungkus kemasan plastik hitam.
3. 1 lembar KTP
4. 1 buah Dompet
5. 1 buah SIM B
6. 1 buah unit HP Oppo
7. 1 unit HP Vivo
8. 2 plastik berisi baju dan celana
9. 1 unit pick up BM 8331 F
10. 1 buah karung sak putih
11. 1 buah tas hitam

Berdasar pengujian dan identifikasi laboraturium Bea Cukai Dumai, berdasarkan laporan hasil pengujian dan identifikasi BB dengan nomor : LHPI-6624/WBC.02/BLBC.0001/2001, bahwa 4 bungkus teh china mengandung bahan organik jenis METHAMPHETMINE kandungan NPP positif dengan berat 4156 Gram.

Sedangkan 10 bungkus teh China merupakan bahan makanan jenis gula (sukrosa) dan satu bungkus kemasan plastik hitam merupakan senyawa kimia anorganik jenis alumunium kalium sulfat (Tawas).

Hasil pemeriksaan awal, ersangka HM (45 Thn), bersama satu orang temannya (melarikan diri) mengaku datang dari aceh dengan menggunakan mobil pickup putih dan sempat menginap selama satu minggu di Dumai. Kendaraan digunakan untuk menjemput Sabu-sabu ke Dumai atas suruhan (AS) yang juga merupakan warga Lhokseumawe, Aceh, dengan upah Rp 5 juta perbungkus.

Selanjutnya, tersangka dan BBi di serahakan ke BNNP Riau untuk proses lebih lanjut.

“Saya sebagai komandan lantamal I apresiasi atas kinerja Tim F1QR Lanal Dumai yang telah melakukan kerja-sama dengan Satgas Intelmar Kooarmada I. TNI AL akan mendukung penuh upaya pemerintah dalam memerangi dan memberatas pengedaran Narkoba (War on Drugs),” ungkap Danlanal Kolonel Himawan.

Lanjut Himawan, hal tersebut merupakan arahan dan intruksi KSAL dan Panglima Koarmada I, sebagai bentuk keseriusan TNI AL berantas peredaran Narkoba di Indonesia, khususnya wilayah kerja Lantamal I dan Lanal jajaran.

(RHS)

 

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

lainnya: